Covid-19 Sudah Rambah 398 Desa

Covid-19 Sudah Rambah 398 Desa
Puluhan anak bermain sepak bola di Alun-Alun Kutoarjo. Berolahgara menjadi salah satu cara untuk menambah imunitas menangkal persebaran Covid-19.

Radar Purworejo Sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo sudah merambah di seluruh kecamatan atau 398 desa dari total 494 desa/kelurahan se-Kabupaten Purworejo. Jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga masih mengalami tren peningkatan. Artinya hanya tersisa 96 desa/kelurahan yang masih steril dari virus Korona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo dr Sudarmi mengatakan, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dari total 494 desa/kelurahan sebanyak 398 desa sudah terpapar Covid-19 atau hanya menyisakan 96 desa/kelurahan yang masih belum ditemukan kasus Covid-19.

“Kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo sudah tersebar di seluruh kecamatan dan hanya tinggal 96 desa/kelurahan yang masih belum ditemukan kasus,” ucapnya di sela pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Purworejo di kompleks RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo, kemarin (26/1).

Menurutnya, pandemi baru akan selesai jika herd immunity atau kekebalan komunitas tercapai. Jika minimal 80 persen masyarakat telah memiliki kekebalan terhadap Covid-19, untuk mencapai herd Immunity itu diperlukan vaksinasi terhadap 70 persen kelompok sasaran.

“Maka perlu segera dilakukan intervensi, tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, melainkan juga intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit, yakni melalui upaya vaksinasi,” ujarnya.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin menambahkan, berdasarkan rkap data harian Covid-19 Kabupaten Purworejo, terjadi penambahan 21 kaus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 per Selasa (26/1).

Dengan demikian, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini mencapai 3.741 kasus. Sebanyak 3.119 orang di antaranya dinyatakan sembuh atau selesai isolasi. Jumlah pasien meninggal dunia sebanyak  orang. “Sedangkan pasien yang menjalani rawat inap ada  49 orang dan yang masih isolasi mandiri ada 451 orang,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk keterisian tempat tidur pasien isolasi di rumah sakit terisi 60 persen. Jumlah itu tersebar di 11 rumah sakit di Kabupaten Purworejo. “Kalau ruang ICU penuh,” ucapnya.

Disinggung soal vaksin, Tolkha menegaskan, sejauh ini vaksin baru diberikan kepada tenaga kesehatan dan sektor pelayanan publik yang dinilai cukup rentan terpapar Korona. Terkait hal itu, ia menghimbau masyarakat agar tetap terus meningkatkan kedisiplinannya menerapkan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. “Harus tetap disiplin,” tegasnya.

Lainnya