Fatah Kusumo Resmi Jadi Kades Kebongunung

Fatah Kusumo Resmi Jadi Kades Kebongunung
Pelantikan kades Kebongunung, Loano hasil pilkades antarwaktu, Selasa (26/1).

Radar Purworejo Fatah Kusumo Handogo resmi dilantik menjadi kepala Desa Kebongunung, Kecamatan Loano, Selasa (26/1). Pelantikan kades hasil pilkades antarwaktu itu dilakukan Camat Loano Laksana Sakti.

Asisten Bidang Administrasi dan Kesra Pemkab Purworejo Pram Prasetya Achmad mewakili bupati mengungkapkan, Pasal 54 ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo No/ 12  2015 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa menyatakan, dalam hal kepala desa berhenti dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun, dipilih kepala desa antarwaktu melalui musyawarah desa.”Desa Kebongunung melaksanakan pilkades antarwaktu dengan lancar. meskipun harus mengalami penundaan dua kali karena adanya pandemi Covid-19 dan Pilkada Serentak,”ungkapnya.

Dia meminta kades terpilih segera menyesuaikan diri terkait dengan tugas tugas dan kewenangannya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Ia juga meminta kades berhati-hati terhadap pengelolaan keuangan desa dan jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan lembaga di desa, kecamatan maupun kabupaten.

Terlebih saat ini anggaran desa sangat besar nominalnya, sehingga perlu diperhatikan betul dalam pengelolaan keuangan desanya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawabannya.”Kepala desa juga harus menghindari hal-hal yang menyimpang dari peraturan perundangan yang sudah ada, agar tidak terseret dalam masalah hukum,” tandasnya.

Lainnya