Pahit Manis Durian Kaligesing

Pahit Manis Durian Kaligesing
Sejumlah pedagang durian sedang melayani konsumen yang datang dari Purworejo maupun luar kota.

Radar Purworejo  Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak pelaku usaha kelimpungan. Banyak dari mereka mengalami penurunan omzet dan sepi pelanggan.

Namun, hal itu berbeda untuk penjual durian. Mereka sedikit diuntungkan saat musim durian saat ini. Kegemaran memakan durian tetap tinggi. Durian masih banyak yang memburu. Apalagi Purworejo selama ini memang sangat dikenal sebagai penghasil buah yang dijuluki king of fruit ini.”Peminatnya tetap banyak. Baik warga lokal, maupun luar kota,’’ kata Samino, salah seorang pedagang durian di sekitar patung W R Supratman (Pantok) saat ditemui Radar Purworejo, kemarin (28/1).

Dikatakan, saat ini memang sedang puncak-puncaknya musim durian merupakan buah musiman. Pun merupakan king of fruit, buah yang paling dicari-cari. Sehingga, tak heran jika peminatnya tetap tinggi.”Sama sih seperti tahun lalu, soalnya kan saya juga sudah punya pelanggang. Jadi ya tetap ramai,” ujar dia.

Saat ditanya Radar Purworejo rata-rata pembeli setiap harinya, Sumino menjawab tidak pasti. Lelaki asal Kelurahan Baledono itu mengaku tidak tahu persis. “Yang jelas tetap banyak,’’ kata pria yang sudah berjualan durian selama 20 tahun itu.

Menurutnya, pemasok durian paling banyak dari daerah Kaligesing. Durian yang dia pasok semua dari Kaligesing, dia menyebutkan durian itu yang paling banyak dicari. Karena rasa manis pahitnya.

Harganya bervariasi tergantung dari kualitas dan ukuran duriannya. Ada yang Rp 35 ribu, Rp 40 ribu, Rp 50 ribu, Rp 75 ribu, dan seterusnya. “Durian saya sudah pilihan semua,” ungkap dia berpromosi.

Suparman, pedagang durian lain di Jalan Ahmad Yani juga mengatakan sudah ada beberapa pembeli durian dari wilayah lain selain Purworejo. Seperti Wonosobo, Magelang, pun Jogjakarta.

Menurut pantauan Radar Purworejo, pada Kamis (28/1) para pembeli durian di beberapa tempat di Purworejo seperti Jalan Ahmad Yani, depan Pasar Baledono, dan sekitar Pasar Suronegaran sangat banyak.

Lainnya