Vandalisme Kotori Monumen Oerip Soemohardjo

Vandalisme Kotori Monumen Oerip Soemohardjo
Aksi vandalisme yang mengotori kompleks Monumen Pahlawan Jenderal Oerip Soemohardjo di Ringroad Selatan, Kecamatan Banyuurip, kemarin.

Radar Purworejo Kawasan Monumen Pahlawan Jenderal Oerip Soemohardjo di Ringroad Selatan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo menjadi sasaran aksi vandalisme oknum tidak bertanggung jawab. Tangan-tangan jahil mengotori bangunan pagar monumen dengan tulisan kotor, sangat mengganggu pemandangan, dan merusak keindahan.

Ironisnya lagi, vandalisme itu dilakukan di tembok monumen pahlawan yang dikenal cukup berjasa bagi bangsa Indonesia. Jenderal Oerip Soemohardjo merupakan satu diantara putra asli Purworejo yang di angkat sebagai Pahlawan Nasional. Ada sejumlah monumen di Purworejo, ada Monumen Jendral A Yani, WR Soepratman, termasuk Jenderal Oerip Soemohardjo. Semua dibangun sebagai penghargaan atas jasa-jasanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Radar Purworejo, di Kompleks Monumen Pahlawan Jenderal Oerip Soemohardjo ada dua prasasti. Pertama bertuliskan H Sudarsono Bismo dari Yayasan Titian Bhakti Jenderal Oerip Soemohardjo menyerahkannya kepada Bupati Purworejo H Marsaid pada momentum Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 1101 pada 5 Oktober 2002.
Sedangkan yang kedua, tercantum tulisan Monumen tersebut didirikan untuk mengenang 100 tahun Jenderal Oerip Soemohardjo 22 Februari 1893 –  22 Februari 1993. Monumen diresmikan pada 12 April 1993 oleh Kepala Staf Umum Mabes ABRI, Letjen F.E. Feisal Tanjung.
Partino, warga Boro mengungkapkan, hampir setiap hari dirinya melewati Monumen Pahlawan Jenderal Oerip Soemohardjo setiap pergi dan pulang dari sawah. Tulisan di pagar tembok kawasan monumen tersebut sudah cukup lama dilihatnya.Menurutnya, coretan itu sudah lama. Dia juga tidak tahu siapa yang melakukannya. “Sangat disayangkan. Kalau bisa ya dihapus segera. Apalagi itu monumen pahlawan,” ucapnya, kemarin (29/1).

Monumen Pahlawan Jenderal Oerip Soemohardjo itu berada tepat di sisi timur RSUD Tipe C Tjokronegoro Purworejo. Lokasinya tidak jauh di sebelah barat Simpang Tiga Don Bosco, Kecamatan Banyuurip. Prasasti dibangun megah tinggi dengan cat kuning keemasan, Jenderal Oerip Soemohardjo nampak gagah di atas kuda menghadap ke utara.

Pagar memutar didominasi warna putih dengan ornamen merah, namun kondisinya juga sudah mulai usah. Beberapa bagian cat tembok sudah mengelupas. Sementara rumput juga sudah mulai tinggi seiring dengan musim hujan yang masih saja terus terjadi.

Lainnya