Tunjuk Muhammad Saleh sebagai Plt Ketua

Tunjuk Muhammad Saleh sebagai Plt Ketua
Ketua Harian DPD II Partai Golkar Purworejo Kelik Susilo Ardani turun dari mobil sebelum dikonfirmasi tentang penunjukan Plt ketua Golkar Purworejo.

Radar Purworejo Ketua DPD I Golkar Jawa Tengah Panggah Susanto menunjuk Bendahara Umum Golkar Jateng Muhammad Saleh sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD II Partai Golkar Purworejo menggantikan sementara posisi Yuli Hastuti.

Penunjukan ini merupakan respons kegagalan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPD II Partai Golkar Purworejo yang rencananya digelar pada Minggu (28/2) lalu.

Ketua Harian DPD II Partai Golkar Purworejo Kelik Susilo Ardani saat dikonfirmasi membenarkan adanya penunjukan Plt tersebut. Itu sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Propinsi Jawa Tengah Nomor : kep-10/Golkar I/III/2021 yang ditandatangani oleh Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah Panggah Susanto dan Sekretaris Juliyatmono tertanggal 1 Maret 2021. SK itu disampaikan alasannya adalah jika kabupaten/kota yang tidak menggelar Musda hingga 28 Februari 2021, posisi ketua akan ditempati oleh pelaksana tugas. “Kami nderek dawuh saja dari DPD Provinsi Jawa Tengah,” kata Kelik, kemarin (3/3).
Dalam surat keputusan tersebut juga disebutkan, bahwa sampai dengan 28 Februari 2021 DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo belum melaksanakan Musda X Partai Golkar, berdasar surat DPD partai Golkar Propinsi Jawa Tengah Nomor : B.14/Golkar I/II/2021, tanggal 15 Februari 2021, perihal instruksi maka perlu diangkat Plt Ketua DPD Partai Golkar Purworejo masa bakti 2016-2021.

Sesuai surat yang ada disebutkan jika DPD Partai Golkar Jawa Tengah memberhentikan dengan hormat Hj Yuli Hastuti sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo, dan menunjuk Muhammad Saleh, sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo, meneruskan periode kepemimpinan Hj Yuli Hastuti yaitu masa bakti 2016-2021.

DPD Partai Golkar Propinsi Jateng mengangkat Muhammad Saleh sebagai Plt selain melaksanakan program DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo juga bertugas menyelenggarakan Musda X Partai Golkar di Kabupaten Purworejo yang sempat beberapa kali tertunda.”Sebenarnya untuk persiapan Musda di Minggu kemarin kita sudah siapkan,” tutur Kelik yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggaraan Musda.

Hanya saja, di tanggal 26 Februari 2021 sore, Golkar Purworejo mendapatkan surat dari DPD Jawa Tengah agar  pelaksanaan musda dilakukan penundaan. Pihaknya sendiri mengikuti surat yang turun dari provisi tersebut.”Tidak disebutkan dengan pasti kapan akan digelar Musda, pasca penundaan itu,” katanya.

Penunjukan plt untuk jabatan ketua ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Purworejo saja. Ada beberapa daerah lain di Jawa Tengah yang juga dilakukan penundaan musda sehingga jabatan ketua DPD Golkar kabupaten dilakukan oleh Plt. (udi/din)

Lainnya