Air Tumpah Hadirkan Ceria

Air Tumpah Hadirkan Ceria
Sejumlah anak sedang bermain air di kawasan Kolam Renang Anjani di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Radar Purworejo Kecamatan Kaligesing di Kabupaten Purworejo menyimpan berbagai destinasi wisata menarik. Letaknya yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Jogjakarta menjadikan Kaligesing memiliki pesona alam di sepanjang gugusan Perbukitan Menoreh.

Salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi yakni Gua Anjani dan Kolam Renang Anjani. Berada di Pedukuhan Kalikotak, Desa Tlogoguwo. Tidak terjalu jauh dari pusat kota. Kurang lebih berjarak sekitar 13 kilometer.

Kolam Renang Anjani sering dikunjungi masyarakat. Ketika cuaca panas, banyak pengunjung yang berenang dan berendam di kolam berair air dingin alami tersebut.

Kolam Renang Anjani menawarkan kesejukan tiada tara. Airnya dari sumber mata air di Gua Anjani. Air kolam selalu mengalir dan berganti.

Pengelola memanfaatkan air alam yang muncul dari Gua Anjani, yang berada di bagian atas kolam. Untuk memberikan layanan lebih, pengelola menambahkan beberapa fasilitas pendukung.

Tercatat ada tiga kolam dengan kedalaman berbeda. Di kolam anak, pengelola menyediakan wahana air tumpah untuk menghadirkan keceriaan bagi anak-anak.

Sensasi berbeda sangat terasa saat pagi hari. Airnya begitu dingin. Pengunjung dapat merasakan sensasi berenang di air dingin.

Tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang untuk melakukan terapi. Pengelola menyebut ada pengunjung yang memiliki riwayat batuk menahun. Namun, setelah rutin berenang di kolam tersebut, akhirnya sembuh dari penyakit yang diderita.

Bagi pengunjung yang ingin memeras keringat, ada wahana khusus. Mereka bisa menaiki bukit untuk menjangkau Gua Anjani.

Jalan untuk menuju gua ini belum dipoles. Perlu perjuangan untuk mencapai gua tersebut. Namun, ketika mampu mencapainya, tersaji pemandangan alam yang sungguh elok. Pengunjung dapat mendokumentasikan kebersamaan dengan latar belakang panorama indah. (udi/din/amd/er)

Lainnya