Berkontribusi Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Berkontribusi Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat
Kegiatan pelatihan peningkatan mutu kader PKK, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (31/3).

Radar Purworejo Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan yang mengutamakan kesejahteraan keluarga. Dari situ, diharapkan mampu mewujudkan kesejahteraan pada kelompok masyarakat, mulai dari kesejahteraan masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari mengatakan, untuk mewujudkan hal itu pengurus PKK harus berperan aktif dalam setiap forum seperti dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Sampaikan pendapat untuk mengakomodasi kegiatan PKK yang mengarah pada kesejahteraan keluarga,” kata Fatimah dalam pelatihan peningkatan mutu kader PKK, di Pendopo Kabupaten Purworejo, kemarin (31/3).

Dikatakan, sebagai mitra pemerintah, PKK menjadi bagian penting dalam pembangunan masyarakat terutama peningkatan sumber daya manusia (SDM) menuju kemandirian secara ekonomi. PKK Purworejo memiliki sepuluh program berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Harapannya, PKK tidak berhenti untuk terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan, sehingga kehadiran PKK terus ditunggu masyarakat,” sambung dia. Dia mengatakan, pengurus yang telah dilatih mutu kader harus mengimplementasikan ilmunya di masing-masing kecamatan pun desa/kelurahan yang menjadi daerah binaan.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Erna Said Romadhon menambahkan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi para kader PKK dalam peningkatan kapasitas perencanaan dan SDM. Pun, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberdayakan masyarakat melalui gerakan PKK. “Pengurus PKK sangat diharapkan mampu menyampaikan program-program pembangunan yang endingnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sekretaris PKK Purworejo Maini Widarto menyampaikan terkait administrasi PKK. Dikatakan, pendataan keluarga itu penting, yakni dimulai dari tingkat RW, RT hingga Dasa Wisma. Pendataan keluarga masuk pada catatan desa/kelurahan, kecamatan dan akan diolah ditingkat PKK kabupaten.

“Pendataan itu dimaksudkan untuk mendapatkan data yang valid sebagai perencanaan kegiatan dalam melaksanakan program PKK. Untuk itu dibutuhkan data keluarga riil sesuai fakta yang ada,” ujar dia. (din/er)

Lainnya