Pelihara Kerukunan Umat Beragama

Pelihara Kerukunan Umat Beragama
PREEMTIF: Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito saat bersilaturahmi dengan Forkompimda Kabupaten Purworejo dan FKUB di Ruang Rupatama Polres Purworejo kemarin (31/3). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Sinergitas perlu dijaga untuk memelihara kerukunan umat beragama, adat istiadat, serta budaya. Khususnya di Kabupaten Purworejo, dan Indonesia pada umumnya.

”Indonesia memiliki keberagaman dan itu bukan menjadi penghalang. Tapi, justru sebagai kekayaan bangsa,” kata Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito saat bersilaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purworejo, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), serta tokoh agama di Kabupaten Purworejo. Silaturahmi berlangsung di Ruang Rupatama Polres Purworejo kemarin (31/3).

Kegiatan itu dihadiri Kabag Kesra Setda Purworejo Fathurochman, Ketua FKUB KHR Djunaidi Djazuli), Ketua PD Muhammadiyah Pujiono, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Frans Suharmaji. Tampak pula sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kapolres menjelaskan, sebagai bangsa yang majemuk dengan berbagai macam agama, ratusan suku, dan golongan harus bisa saling menghargai dan menjaga. Perekat keberagaman itu adalah toleransi.

Oleh sebab itulah, tegasnya, masyarakat, tokoh agama, ormas keagamaan, dan seluruh komponen masyarakat harus bersatu dan rukun. “Toleransi saling menghormati. Bilamana terjadi gesekan kecil di masyarakat, harus segera diselesaikan,” jelasnya.

Menurutnya, aksi bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan, bisa menjadi contoh bahwa intoleran dan terorisme menjadi musuh bersama. Sebab, semua agama tidak mengajarkan aksi seperti itu.

“Maka dari itu, kami mengajak ara tokoh agama dan semua yang hadir pada kegiatan ini, untuk mengajak kepada jamaahnya, umatnya, masyarakatnya, untuk menjaga toleransi, saling menghormati satu dengan lainnya,” ujarnya.
Ditegaskan, sebentar lagi umat Kristiani akan melaksanakan perayaan Paskah pada 2 April. Umat Islam juga akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1442 Hijriyah.

“Upaya menjaga keragaman itu juga dengan bersikap cerdas menggunakan media sosial, harus bijak dan bertanggung jawab. Terlebih saat ini banyak kelompok-kelompok yang memanfaatkan media sosial untuk menghasut dan menimbulkan kebencian satu sama lain dalam bentuk propaganda,” tegasnya. (tom/amd)

Lainnya