Pramuka Berperan Cegah Covid-19

Pramuka Berperan Cegah Covid-19
UNTUK KITA: Pramuka Kwarnas Satgas Covid-19 mengunjungi Pramuka Kwarcab Purworejo Senin (29/3). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purworejo mendapat apresiasi dari Satgas Pramuka Peduli Covid-19 Pramuka Kwarnas Sri Puryono. Dia menilai Pramuka Kwarcab Kabupaten sebagai kabupaten yang terus update dalam kegiatan pramuka. Termasuk adanya kampung pramuka yang akan dijadikan contoh bagi kwarcab lain.

“Kunjungan ini selain menyerap aspirasi dari kwarcab dan kwrada, juga untuk bertukar pendapat bagaimana menghadapi Covid-19,” ujar Puryono saat berkunjung di Pramuka Kwarcab Purworejo Senin sore (29/3).

Puryono berkunjung untuk mengetahui kesulitan-kesulitan di daerah. Terutama, keberadaan Pramuli (Pramuka peduli) agar benar-benar efektif untuk membantu pencegahan Covid-19, khususnya di Kabupaten Purworejo. Dia mengatakan, Pramuka Peduli juga sebagai pelopor. Adanya bumbung kemanusiaan sangat penting karena dapat membantu setiap terjadi bencana.

“Salah satunya seperti pandemi Covid-19, banyak warga yang terdampak. Bumbung kemanusiaan adalah dana dari kita, untuk kita, yang sifatnya suka rela dalam rangka mengantisipasi jika terjadi bencana apapun,” tegas dia.

Selama pandemi, kata Puryono, duta perubahan perilaku berperan memberikan edukasi kepada masyarakat dan anggota pramuka tentang menerapkan 5M. Pramuka bisa selalu berada di garda depan dalam penanganan bencana.

“Kuncinya adalah kebersamaan dan integrasi antara pemerintah, swasta, bisnis, akademisi, serta media,” ungkapnya.

Dia berharap pramuka benar-benar mampu menjadi contoh. Selain itu, mampu berkolaborasi dan membaur dengan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. “Seperti tagline kita, ikhlas bakti, bina bangsa, berbudi bawalaksana,” terang Puryono.

Sementara itu, Ketua Pramuka Kwracab Purworejo Pram Prasetyo mengatakan, Kwacab Purworejo telah melakukan berbagai kegiatan dalam pencegahan Covid-19. Di antaranya, pembuatan masker, pembagian masker, penyemprotan desinfektan, kebersihan lingkungan, dan seterusnya. “Kami juga melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang penerapan 5M,” papar Pram.

Pengurus Kwarcab Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho mengatakan, Kampung Pramuka Purworejo juga menggerakkan warga dalam kepramukaan. Di antaranya, memupuk rasa cinta tanah air, perilaku sopan santun, pelatihan keterampilan, dan seterusnya.

Kampung Pramuka selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan pameran pembangunan di Kabupaten Purworejo. Bahkan, beberapa kali menerima kunjungan stud banding dari kwracab lain.

”Harapanya tidak hanya Kampung Pramuka saja. Tapi, bisa punya unggulan dari Pramuka. Kami siap mendukung program-program Pramuka,” tegasnya. (han/amd)

Lainnya