Minta Dukungan Pengurus dan Masyarakat

Minta Dukungan Pengurus dan Masyarakat
AKLAMASI: Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dalam Musyawarah Kabupaten PMI Kabupaten Purworejo Tahun 2020/2021 di Aula SMK Negeri 1 Purworejo kemarin (5/4). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti kembali terpilih menjadi ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo. Dia terpilih sebagai ketua periode 2021-2026 secara aklamasi dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Purworejo Tahun 2020/2021 yang digelar di Aula SMK Negeri 1 Purworejo kemarin (5/4).

Yuli menyatakan siap mengemban amanah. Namun, dia meminta dukungan dari semua pihak mulai pengurus tingkat kabupaten dan kecamatan, relawan, stakeholder terkait, hingga masyarakat.

“PMI Kabupaten Purworejo ke depan banyak menghadapi tantangan yang semakin meningkat serta semakin kompleks penanganannya. Meskipun PMI Kabupaten Purworejo merupakan organisasi suka rela, kita dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan,” ungkapnya.

Ditegaskan, kerja sama atau gotong royong bersama pemangku sangat diperlukan. Pemangku kepentingan tidak terbatas pada pemerintah. Selain itu, mencakup dunia usaha, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan media masa.

”Serta berbagai kalangan yang mempunyai kepedulian dengan semangat bersama untuk kemanusiaan,” tegasnya.

Muskab yang dirangkai dengan musyawarah kerja itu dihadiri pengurus Bidang Organisasi PMI Provinsi Jawa Tengah Gunawan Permadi. Dari PMI Kabupaten Purworejo, hadir dewan kehormatan, para pengurus, utusan pengurus PMI dari 16 kecamatan, karyawan PMI, serta peninjau dari unsur KSR dan TSR.

Ketua Panitia Muskab dan Musker PMI Kabupaten Purworejo Ernawan Cahyo Winardi menjelaskan, kegiatan ini tak hanya diisi pemilihan ketua. Ada pelaporan realisasi pelaksanaan program kerja dan keuangan tahun 2020 serta penetapan rencana program kerja dan keuangan tahun 2021. Selain itu, ada pembahasan pokok-pokok kebijakan dan rencana strategis (renstra) tahun 2021-2026.

“Untuk renstra lima tahun ke depan, salah satunya kita akan meningkatkan kapasitas dan peran PMI dalam pengolahan darah serta pelayanan sosial kemanusiaan. Kita sesuaikan dengan perkembangan atau dinamika zaman,” jelasnya.

Sementara itu, Gunawan Permadi memberikan apresiasi atas hasil audit keuangan selama lima tahun dengan kriteria wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Sinergi dengan pemerintah Kabupaten Purworejo, BPBD, dan lembaga lainnya teruslah dikembangkan demi pelayanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Gunawan berharap PMI Kabupaten Purworejo bisa terus berperan aktif mengatasi pandemi virus korona (Covid-19). Di antaranya, melalui penyemprotan desinfektan dan sosialisasi. “Juga, pelayanan ambulans gawat darurat atau pasien 24 jam,” ujarnya. (tom/amd)

Lainnya