Pasang Pondasi Gedung Perpustakaan

Pasang Pondasi Gedung Perpustakaan
TARGET: Alat berat dikerahkan dalam pembangunan tahap pertama Gedung Perpustakaan Purworejo kemarin (6/4). (DINARPUS Kabupaten Purworejo FOR RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Pembangunan tahap pertama Gedung Perpustakaan Purworejo sudah berjalan. Saat ini memasuki tahap pemasangan pondasi.

“Sudah pondasi. Minggu ini sepertinya akan selesai,” ujar Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purworejo Sutijoso Bahmanto kepada Radar Purworejo Selasa (6/4).

Dinarpus akan terus memantau berlangsungnya proyek tersebut. Langkah ini guna memastikan proyek berjalan lancar dan selesai sesuai target. “Rabu kami ada di proyek untuk pemantauan,” sambung pejabat yang akrab disapa Bram itu.

Sebelumnya Bram menyebutkan, pembangunan Gedung Perpustakaan Purworejo tahap pertama menggunakan dana dari dana alokasi khusus dan APBD Kabupaten Purworejo.

“Tahap pertama ini mengalokasikan dana dari DAK terlebih dahulu untuk pembanguan gedung utama. Sedang untuk dana dari APBD akan digunakan untuk gedung penunjang dan landscape, yang rencananya akan dilakukan pada 2022,” ungkap Bram.

Pembangunan gedung utama tersebut direncanakan selesai selama tujuh bulan. Yakni, selesai 17 September mendatang. “Luas gedung utama dua lantai sekitar lima ratus meter (persegi). Sedangkan luas total keseluruhan 1.246,2 meter (persegi),” sebut dia.

Bram berharap keseluruhan gedung tersebut dapat segera selesai. Perpustakaan diharapkan segera beroperasi sempurna pada 2022. Dengan begitu. Masyarakat dapat secepatnya memperoleh layanan literasi yang mumpuni.

“Kami ingin mengubah image (citra) perpustakaan yang tadinya tidak menarik, menjadi lebih menarik dan diminati semua kalangan,” ungkapnya. (han/amd)

Lainnya