Harapkan MUI Makin Solid

Harapkan MUI Makin Solid
KOMPAK: Bupati Purworejo Agus Bastian saat menerima audiensi pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Purworejo di Dalem Agung Rumah Dinas Bupati Selasa (6/4). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo siap mendukung program Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purworejo. Lembaga itu diharapkan makin solid dan segera miliki kantor sendiri.

“Harapannya, ke depan MUI dapat semakin solid dan mampu menghasilkan gagasan dan terobosan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat,” ujar Bupati Purworejo Agus Bastian dalam audiensi dengan pengurus MUI Kabupaten Purworejo di Dalem Agung Rumah Dinas Bupati Selasa (6/4).

MUI merupakan suatu lembaga yang fatwa-fatwanya diharapkan masyarakat. Lembaga ini merupakan wadah yang menghimpun para ulama dan cendekiawan muslim untuk menyatukan gerak dan langkah umat Islam dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Untuk itu, peran MUI sangat fital dan besar terhadap kelangsungan kehidupan beragama khususnya agama Islam,” ungkap Bastian.

Dia juga berharap MUI Kabupaten Purworejo dapat mengawal dan berperan dalam mencegah paham radikalisme melalui penerapan pola pikir yang tertera dalam kaidah-kaidah MUI. ”Sekarang sedang marak teroris. Saya berharap MUI ikut berperan dalam menangkal para teroris serta dapat mengayomi seluruh warga masyarakat. Tidak hanya yang beragama Islam, tetapi juga agama lain” katanya.

Di samping itu, Bastian mengatakan, pemkab akan selalu siap mendukung program kerja (proker) MUI Kabupaten Purworejo. Apalagi, proker yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, tidk mudah membuat program kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Tentunya, itu tidak mudah sehingga harus ada sinergi,” ujarnya.

Bastian juga mengisyaratkan akan mengusahakan gedung kantor yang lebih representatif bagi kegiatan MUI Kabupaten Purworejo. Sebab, saat ini kantor MUI Kabupaten Purworejo masih bergabung dengan kantor Kemenag. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan MUI, bupati menilai sudah selaiknya MUI Kabupaten Purworejo memiliki gedung tersendiri.

Menuutnya, berbagai kegiatan MUI memerlukan ruangan yang cukup besar. Untuk itu, perlu tersedianya ruang pertemuan, ruang kantor, dan sebagainya.

“MUI merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Pemkab Purworejo. Jadi, ke depan harus punya kantor sendiri,” tegas dia.

Ketua MUI Kabupaten Purworejo Hamid menyebutkan, pihaknya juga akan terus mendukung program-program Pemkab Purworejo. Jika dibutuhkan, dia siap untuk memberikan pendapat dan solusi dalam upaya membuat masyarakat semakin sejahtera.

”Kami mohon dukungan dari Bapak Bupati agar program-program kami dapat berjalan lebih baik ke depan,” harap Hamid. (han/amd)

Lainnya