Jaga Jarak Aman dari Pantai

Jaga Jarak Aman dari Pantai
Tim SAR Kebumen berkoordinasi dengan SAR Cilacap. Terlebih untuk melakukan penjagaan di tujuh tempat pendaratan ikan di Kebumen dari Gondoruwok sampai Pedalen.

Radar Kebumen  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya gelombang tinggi yang akan terjadi di wilayah pesisir pantai Selatan Kebumen. Karena itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Koordinator Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kebumen Sukamsi menjelaskan, antisipasi adanya gelombang tinggi dilakukan dengan penjagaan dari berbagai pihak. Karena personel yang terbatas, penjagaan di pantai Selatan Kebumen dilakukan bersama dengan mitra lain. Mulai dari komunitas SAR Lawet Perkasa, nelayan, TNI AL, dan Polair. “Kami juga memantau dari wilayah Pantai Ayah sampai Pantai Suwuk,” jelas Kamsi kemarin (7/4).
Pihaknya, juga telah berkoordinasi dengan SAR Cilacap. Terlebih untuk melakukan penjagaan di tujuh tempat pendaratan ikan di Kebumen dari Gondoruwok sampai Pedalen.

Bakohumas Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Heri Purwoto mengimbau kepada pelaku wisata dan masyarakat yang beraktivitas di laut maupun pantai selalu waspada dan mengenakan alat pelindung diri (APD) yang memadai. Bagi wisatawan, diharapkan mampu mematuhi imbauan petugas dan jarak aman. “Jangan mandi di laut,” ungkap Heri.

BMKG menyebutkan, saat ini siklon tropis Seroja terpantau berada di Samudera Hindia sebelah selatan Pulau Sumba atau dalam koordinat diketahui berada sekitar 275 kilometer sebelah Selatan – Barat Daya, Waingapu. Siklon bergerak dengan kecepatan 10 kilometer per jam.

Siklon Seroja membawa sejumlah dampak di wilayah Indonesia. Antara lain hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir, serta angin kencang terhadap wilayah DIJ, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat. Serta dampak hujan sedang ke wilayah Nusa Tenggara Timur. Sementara itu, dampak siklon berpotensi memunculkan gelombang laut setinggi 2 meter sampai 4 meter di perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan.

Berdampak pula ke wilayah perairan selatan pantai Jawa hingga NTB. Termasuk pula di Samudera Hindia selatan pulai Jawa hingga Bali, perairan selatan Pulau Sumba hingga Pulau Rote. Sedangkan perairan selatan NTB hingga Pulau Sumba, siklon Seroja membawa potensi memunculkan gelombang laut setinggi 4 meter hingga 6 meter. (eno/din/er)

Lainnya