Ciptakan Kondusivitas jelang Puasa

Ciptakan Kondusivitas jelang Puasa
Puluhan botol minuman keras sitaan Sat Sabhara Polres Kebumen dari kegiatan operasi penyakit masyarakat pada Minggu (11/4) dini hari.

Radar Kebumen  Kepolisian Resor (Polres) Kebumen gencar menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) menjelang Ramadan. Masyaralat juga diimbau untuk segera melaporkan jika diketahui ada penjualan minuman keras (miras) di wilayahnya.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Kebumen Iptu Tugiman menjelaskan sasaran operasi pekat kali ini adalah miras. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak ragu melaporkan kepada petugas jika ditemukan penjualan miras di wilayahnya. “Jika ada warung yang menjual miras, laporkan. Mari bersama kita perangi miras,” kata Tugiman kemarin (12/4).

Pemberantasan miras, dilakukan semata-mata karena efek negatif yang ditimbulkan. Mengingat, tidak sedikit masyarakat Kebumen meregang nyawa karena mengkonsumsi minuman “setan” itu. Selain itu, operasi pekat juga dilakukan agar saat bulan puasa, umat muslim bisa lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa. “Operasi pekat akan terus digelar secara rutin dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran sampai perayaan Idul Fitri,” ungkapnya.

Sebelumnya, dari operasi yang dilakukan pada Minggu (11/4) dini hari, berhasil menyita 65 botol miras. Operasi yang digelar Satuan Sabhara Polres Kebumen berhasil mendapatkan miras dari penjual berinisial SY, 36, warga Desa Lemburpurwo, Mirit. “Awalnya kami mendapatkan informasi dari masyarakat. Jika warga tersebut menjual miras, selanjutnya kami geledah dan mendapatkan miras ini,” jelas Tugiman.

Tercatat, miras yang berhasil disita berupa 47 botol miras jenis anggur. Sedangkan 18 lainnya adalah bir, whisky serta ice land. (eno/din/er)

Lainnya