Gandeng Komunitas Kedai Kopi, Kampus, dan Dinas

Gandeng Komunitas Kedai Kopi, Kampus, dan Dinas
ANYAR: Pelantikan pengurus Esport Kabupaten Purworejo Periode 2020-2024 di Pendapa Kabupaten Purworejo, kemarin. (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Esport merupakan cabang olahraga yang diakui oleh KONI. Pengurus Esport Purworejo 2020-2024 bertekad memunculkan atlet esport melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Pengurus Esport Kabupaten Purworejo periode 2020-2024 dilantik. Pelantikan kepengurusan yang diketuai Nanang Agus Gutomo ini dilakukan Wakil Ketua Esport Jawa Tengah Doni Isworo di Pendapa Kabupaten Purworejo Kamis (15/4).

“Pelantikan ini sebagai langkah lanjut terbentuknya esport yang jauh lebih baik dan positif,” ucap Doni. Hadir di kursi undangan Sekda Purworejo Said Romadhon dan Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setiabudi.
Menurutnya, esport merupakan cabang olahraga (babor) baru. Meski demikian, esport mendapat respons luar biasa dari masyarakat.

Esport diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet tingkat nasional dan internasional. Esport ini sudah diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai olahraga prestasi. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasarinya. Di antaranya, ketangkasan, kecerdasan, dan strategi. Ini menjadi media melatih masyarakat, khususnya kaum milenial, untuk lebih positif dalam esport.

Ketua Esport Kabupaten Purworejo Nanang Agus Gutomo menjelaskan, esport memang cabang olahraga baru. Untuk itu, perlu dilakukan edukasi ke masyarakat.

Cabor ini menaungi atlet gamer, atlet yang sudah biasa tanding secara online. Standar penjaringan atlet dilakukan dengan ketentuan jam terbang pertandingan atau menunjukkan sertifikat menang perlombaan.

“Purworejo sudah ada sekitar dua puluh atlet. Setelah pengukuhan pengurus ini, kami akan kerja sama dengan sejumlah komunitas kedai kopi hingga mungkin di kampus-kampus,” tegasnya.

Nanang juga mengaku akan melakukan edukasi untuk pelajar. ”Kami juga akan menggandeng dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga, juga dinas terkait lainnya. Kami senantiasa berkoordinasi dengan pengurus daerah dan pusat,” jelasnya.

Sekda Said Romadhon menegaskan Pemkab Purworejo mendukung penuh lahirnya esport sebagai cabor baru. Esport potensial. Sinergitas pengurus diharapkan bisa memajukan esport di Kabupaten Purworejo.

“Kami akan ikut mendorong percepatan proses rekomendasi KONI sehingga sama dengan kabupaten/kota lainnya di Jateng. Apalagi KONI Provinsi juga sudah sangat mendukung,” ucapnya.

Di sisi lain, Doni menambahkan, penjaringan atlet dilakukan dengan menggelar sejumlah event. Setelah terbentuk, pengurus kabupaten atau kota diharapkan bisa segera membuat kegiatan untuk melahirkan atlet berkualitas. Sebanyak 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah sudah terbentuk. Meski, ada beberapa kabupaten dan kota yang masih harus dikukuhkan secara maraton.

Pengurus esport harus bekerja keras. Ikhlas bekerja untuk membuktikan esport sebagai olahraga yang menarik dan ramah pandemi Covid-19.

“Dunia saat ini telah berubah. Teknologi dan game space meningkatkan secara signifikan, menstimulasi masyarakat. Sebab, aplikasi tidak hanya untuk menunjang perekonomian, tetapi juga menjadi hiburan atau olahraga,” jelasnya.

Hadirnya esport membuat gamer aktif yang tumbuh di masa pandemi akan mengarah ke hal-hal yang positif. Ini sejalan dengan imbauan penerapan protokol kesehatan yang didalamnya termasuk social distancing dan physical distancing.

”Maka ada jarak aman dalam esport, sebuah olahraga atau permainan alternatif yang aman. Ke depan ini bisa menjadi industri olahraga yang sangat menjanjikan,” tegasnya.

Menurutnya, esport banyak menarik pemain, kreator, dan analis sehingga esport bsa menjadi peluang investasi. Sama halnya olahraga mental dan pikiran seperti catur dan bridge, esport juga membutuhkan teknik dan strategi. Bahkan, esport sudah masuk dalam pertandingan SEA Games pada 2020.

“Esport merupakan cabang olahraga baru yang butuh dukungan dari berbagai pihak dan elemen masyarakat, di bawah naungan KONI. Pengurus harus berinovasi positif untuk melahirkan prestasi olahraga bangkit menuju prestasi dunia,” ujarnya. (tom/amd)

Lainnya