Sego Gugah di Pasar Tiban Gunung Gajah

Sego Gugah di Pasar Tiban Gunung Gajah
UNIK: Sejumlah pedagang menjajakan makanan untuk buka puasa di Pasar Tiban Wiwit di objek wisata Gunung Gajah Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, kemarin (16/4). (JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Momentum Ramadan tak dilewatkan begitu saja oleh pemuda Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Mereka menggelar pasar tiban selama bulan puasa.

Pasar tiban yang menjual aneka kuliner ini diberi nama Pasar Tiban Wiwit. Lokasinya di objek wisata Gunung Gajah.

Ada sekitar lima belas lapak pedagang. Mereka menggelar dagangan menggunakan meja yang dijejer.

“Biasanya kami buka setiap hari Minggu pagi. Tapi, selama Ramadan buka setiap hari,” ujar Koordinator Divisi Pandan Raos dan UMKM Obwis Pandanrejo Dewa Pandan Widiyastuti saat dikonfirmasi Radar Purworejo Jumat (16/4).

Saat Ramadan, Pasar Tiban Wiwit buka mulai pukul 15.30 hingga jelang buka puasa. “Ini buka pertama setelah beberapa waktu libur. Pasar ini ada sejak November lalu,” ujar dia.

Pasar tiban ini diinisiasi Pokdarwis Desa Pandanrejo. Yakni, untuk meningkatkan dan mengembangkan perekonomian warga dan obwis di Desa Pandanrejo.

“Awalnya kami beri nama (Pasar Tiban) Wiwit karena kami mempunyai harapan bahwa kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik bagi pengembangan wisata di Desa Pandanrejo,” kata dia.

Aneka makanan disajikan. Di antaranya, keripik pegagang, keripik kentang, keripik sundo, keripik singkong, basreng, gula aren, peyek, dan teri pangsit.
“Disediakan juga makanan khas kami, sego gugah. Kemudian, bacem tempe tahu, mangut lele, tumis gandul, kolak, buntul, dan masih banyak lagi,” sebut dia.

Pengelola mengimbau para pembeli untuk membawa kantong sendiri. Langkah ini untuk mengurangi terjadinya penumpukan sampah di lokasi pasar tiban. Selain itu, untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan. “Untuk mengurangi sampah plastik,” ujarnya. (han/amd)

Lainnya