Sinergi Berbagi Seribu Makanan

Sinergi Berbagi Seribu Makanan
KOMPAK: Tiga organisasi wanita Purworejo lakukan gerakan berbagi nasi kotak kepada masyarakat, Jumat (23/4). (JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Tiga organisasi perempuan di Kabupaten Purworejo berkolaborasi dan bersinergitas. PKK Kabupaten Purworejo bersama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Purworejo bersama-sama mengadakan gerakan berbagi.

Mereka membagikan nasi kotak ke masyarakat yang membutuhkan. “Alhamdulillah yang donasi banyak. Jadi, hari ini (kemarin) ada seribu lebih nasi kotak dan nasi bungkus yang kami bagikan,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari kepada Radar Purworejo Jumat (23/4).
Fatimah menyebutkan, mereka membagikan nasi tersebut kepada tulang becak, penyapu jalanan, sopir angkot, dan sebagainya. “Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa di luar sana,” ungkapnya.

Selain berbagi, mereka juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19. Mislanya, menekankan pentingnya memakai masker dan menjaga jarak.

“Aksi tersebut juga menjadi salah satu tagline dari Bupati Purworejo Agus Bastian. Yakni, Tresno Purworejo, Larisi Purworejo. Ini (makanan yang dibagikan) kami pesan dari salah satu anggota kami, kemudian kami bagikan kepada masyarakat,” ujar dia.

Fatimah berharap aksi tersebut dapat menginspirasi organisasi lain. Meskipun kecil, aksi semacam ini akan bermanfaat bagi orang membutuhkan.

“Harapannya ini tidak hanya untuk pertama dan terakhir, ya. Semoga menginspirasi yang lain sehingga muncul gerakan-gerakan serupa yang bermanfaat,” harap Fatimah.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Erna Setyowati Said Romadhon mengatakan, aksi sosial tersebut diikuti sekitar 70 anggota. “Kami bagi tugas. Untuk PKK (membagikan makanan) di sekitar depan Jodo Plaza hingga depan Pasar Baledono. Untuk Dharma Wanita di sekitar Alun-Alun Purworejo dan GOW di wilayah Mranti, SMA 6 ke Kutoarjo,” bebernya.

Dia berharap, gerakan tersebut dapat bermanfaat. “Rezeki kita kan sebagian memang milik orang lain. Semoga berkah untuk semuanya, apalagi dilakukan di bulan suci Ramadan. Dan, semoga pandemi Covid-19 di Purworejo ini segera usai,” harap Erna. (han/amd)

Lainnya