Satpol PP Tetap Tegakkan Prokes

Satpol PP Tetap Tegakkan Prokes
TEGAS: Petugas Satpol PP Purworejo saat menggelar operasi penegakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Pituruh Kabupaten Purworejo. (SATPOL PP PURWOREJO FOR RADAR PURWOREJO)

PURWOREJO, Radar Purworejo – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purworejo terus melakukan penegakkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19). Penegakan jga dilakukan selama Ramadan ini.

Petugas Satpol PP ingin memastikan penerapan prokes di masyarakat berjalan baik. “Tidak ada pengetatan khusus. Kami tetap melakukan operasi seperti biasa,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo Budi Wibowo saat dikonfirmasi Radar Purworejo Senin (26/4).

Budi mengatakan, langkah penegakan ini sebagai tindaklanjut Perbup Nomor 80 tahun 2020 tentang Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Penanggulangan Covid-19. Penegakan dilaksanakan dengan melakukan beberapa operasi yustisi yang telah jadwalkan.

“Ya, tetap melakukan sesuai dengan perbup yang berlaku,” sebut Budi.
Penegakkan aturan dilakukan di tempat-tempat yang dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan. Di antaranya, pasar, kafe, toko berjejaring, tempat makan, dan tempat hiburan.

“Ya, kalau melanggar tentunya akan kami berikan sanksi sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Salah satu operasi yustisi digelar di Pasar Pituruh Selasa lalu (20/4). Operasi dimulai pukul 07.30 dengan melibatkan delapan personel.

Dalam operasi itu, petugas menemukan pelanggar oleh 49 orang. Sebanyak 16 pelanggar diberi sanksi administrasi dan 33 pelanggar diberikan sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga melafalkan Pancasila.

Selama Ramadan ini aktivitas masyarakat bertambah padat. Terlebih saat menjelang buka puasa. Banyak pasar tiban atau pedagang yang menyediakan menu untuk berbuka di beberapa ruas jalan Purworejo Kota.

Menurut pantauan Radar Purworejo pada Senin (26/4), ada beberapa ruas jalan di Purworejo Kota yang digunakan untuk berjualan dan ramai pengunjung saat jelang puasa. Yakni, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan WR Supratman, seputaran Alun-Alun Purworejo, dan Jalan Mayjen Sutoyo. Sebagian masyarakat tidak terlalu mempedulikan prokes saat terjadi kerumuman dan mengantre membeli makanan untuk berbuka. (han/amd)

Lainnya