Tracing Tiga Desa di Petanahan

Radar Kebumen Tracing kasus suspect Covid-19 terus dilakukan oleh Polres Kebumen bersama Satgas Covid-19. Kali ini, tracing dilakukan kepada warga di wilayah Kecamatan Petanahan.
Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Kebumen Iptu Tugiman menjelaskan, tracing dilakukan di tiga desa di Kecamatan Petanahan. Yakni Desa Nampudadi, Desa Munggu, dan Desa Petanahan. Tracing dilakukan bersama dengan tim Covid-19 Kecamatan Petanahan, Puskesmas, Polsek, Koramil, dan Kader Penggerak PKK kemarin (27/5).
Meskipun hanya bersifat mendampingi, pihaknya turut serta memastikan keluarga yang kontak erat untuk melakukan swab. Serta menjalani isolasi mandiri, sembari menunggu hasil swab keluar. “Adanya tracing, secara tidak langsung virus corona masih berada dekat di sekitar kita,” kata Tugiman.

Tugiman berpesan, agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan  menjalankan 5M. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal ini dinilai paling ampuh untuk bersama-sama melawan virus corona dan menekan angka persebaran kasus positif Covid-19.
Melalui Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan  (KRYD), kata Tugiman, petugas kepolisian juga diterjunkan untuk pelaksanaan monitoring di berbagai tempat umum. Petugas akan memastikan protokol kesehatan dilakukan dengan baik atau tidak. Seperti pemakaian masker, hingga pemantauan sarana dan prasarana penunjang prokes yang memadai. “Karena sampai saat ini masih ditemukan kasus Covid-19. Sehingga semua wajib waspada,” lanjut Tugiman.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Kebumen, saat ini mayoritas kecamatan di Kabupaten Kebumen memasuki zona orange atau dengan resiko penularan sedang. Meski dengan risiko penularan sedang, masih ada kemungkinan tertular jika warga mengabaikan protokol kesehatan 5M. (eno/din/er)

Lainnya