Tiga Jembatan di Karanggayam Segera Diperbaiki

Tiga Jembatan di Karanggayam Segera Diperbaiki
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengecek kondisi langsung jembatan dan jalan rusak di Kecamatan Karanggayam yang dikeluhkan masyarakat.

Radar Kebumen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen berencana memperbaiki tiga jembatan di Kecamatan Karanggayam. Tiga jembatan itu berada di di Desa Karangmaja, Desa Glontor, dan Desa Kalibening. Perbaikan dilakukan segera karena kondisi jembatan yang sudah memrihatinkan.
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjelaskan, jembatan yang ada dalam kondisi ambles, hampir longsor. Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan. Terlebih, Arif juga mendapatkan informasi dari masyarakat jalan dan jembatan yang rusak sudah menyebabkan sejumlah pengguna jalan jatuh maupun terperosok.
Ruas jalan yang sudah berubah dari jalan desa menjadi jalan kabupaten, juga menjadi alasan pemkab untuk segera melakukan pembaharuan. Sehingga jembatan dan jalan tidak lagi membahayakan pengguna jalan. Kondisi jembatan yang tadinya sempit rencananya juga akan diperlebar. “Hingga memudahkan mobilitas masyarakat,” beber Arif.
Selain di wilayah Karanggayam, Arif juga meninjau jalan yang ada di Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung pada Sabtu (29/5) pagi. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan dari keluh kesah masyarakat terkait jalan dan jembatan rusak melalui media sosial. Nantinya, jembatan penghubung Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung dan desa Karangrejo Kecamatan Karanggayam juga akan diteruskan kembali proyek pengerjaannya. “Jalan yang rusak juga akan dilakukan perbaikan atau penambalan,” jelas Arif.
Perbaikan yang akan dilakukan, kata Arif, sejalan dengan program Jalan Mulus Ekonomi Bergerak atau Jamu Seger di Kebumen. Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan demi kemajuan Kabupaten Kebumen.

Semenrara untuk jalan penghubung Karanggayam-Pejagoan, Arif menyatakan, jalan tersebut akan diperbaiki pada tahun anggaran 2022 sesuai perencanaan dinas terikait. Tidak bisa segera diperbaiki 2021, lamtaran pembangunan jalan belum masuk pada tahun anggaran. “Anggaran untuk Karanggayam sudah ada slotnya. Jadi pekerjaan yang dilaksanakan di 2021 ini sudah dianggarkan di tahun 2020. Untuk proses anggaran di 2021 akan kita laksanakan di tahun 2022. Sehingga apa yang bisa kami lakukan adalah percepatan pekerjaan yang sudah terprogram,” lanjutnya.

Arif memastikan, jalan di Karanggayam akan menjadi priorotas untuk dilakukan perbaikan pada tahun 2022. Ia meminta kepada masyarakat untuk bersabar karena anggaran di Kebumen sangat terbatas. (eno/din/er)

Lainnya