Korban Tsaqif Zahid Zindagi Ditemukan

Korban Tsaqif Zahid Zindagi Ditemukan
Tim gabungan melakukan evakuasu Tsaqif Zahid Zindagi,korban terseret ombak di Pantai Menganti Kebumen, kemarin (1/6)

Radar Kebumen Korban kedua kejadian laka air di objek wisata Pantai Menganti  yang terjadi Minggu (31/5) lalu ditemukan kemarin (1/6). Korban atas nama Tsaqif Zahid Zindagi, 3, ditemukan sekitar pukul 08.30 di radius 500 meter dari lokasi kejadian terseret ombak.

Bakohumas BPBD Kebumen Heri Purwoto menjelaskan korban kedua ditemukan pada hari ketiga di tengah laut. Selanjutnya dievakuasi menggunakan perahu oleh tim SAR Gabungan. Setelah diperiksa oleh tim medis dan pihak kepolisian, lalu korban diserahkan kepada pihak keluarga. “Langsung dibawa ke rumah duka, di Sleman, Jogjakarta,” beber Heri.
Peristiwa kecelakaan air yang terjadi pada Minggu (30/5) lalu, merenggut dua korban yakni Tsaqif Zahid Zindagi dan Alan Fajar Mutaqien, 32. Keduanya warga Mejing Wetan, Gamping, Sleman. Kedua korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia akibat terseret ombak saat berada di salah satu spot wisata Pantai Menganti di Desa Karangduwur. “Dengan diketemukannya korban ke dua, maka seluruh korban laka laut telah diketemukan semua,” tegasnya.
Sebelumnya, upaya yang telah dilakukan  oleh tim SAR Gabungan dengan membentuk posko pencarian di Pantai Menganti. Pengerahan relawan untuk membantu pencarian dengan komando lapangan Basarnas Cilacap. Penyebaran informasi ke rukun nelayan, objek wisata, warga dan masyarakat yang beraktivitas disepanjang pantai selatan antara Purworejo sampai Cilacap.
Mereka juga melakukan penyisiran melalui darat dan laut. Pengiriman peralatan pendukung OPSAR, serta  membentuk pos pantau dengan jarak 500 meter sampai 1 Kilometer antara Pantai Surumanis sampai TPI Jetis. “Dengan diketemukannya seluruh korban tersebut maka operasi pencarian ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing masing,” kata Heri.
Untuk mengantisipasi hal serupa tidak terulang kembali, BPBD Kabupaten Kebumen bersama pengelola objek wisata Pantai Menganti akan menambah fasilitas mitigasi. Dengan memasang dan memperbanyak rambu–rambu di lokasi wisata.

Kepala Kantor Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap , I Nyoman Sidakarya menuturkan, korban kedua ditemukan pada saat tim melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu jukung katir. Saat itu, petugas melihat korban sedang mengambang dan dilakukan proses evakuasi.

Komandan SAR Lawet Perkasa Bejo Priyono menjelaskan, operasi pencarian korban hari ketiga dimulai pukul 07.00. Tim SAR gabungan melakukan peyisiran darat ke arah timur sejauh 2 Kilometer sampai Pantai Surumanis. Tim lain melakukan penyisiran darat ke arah barat 3 Kilometer sampai Pantai Sawangan.
Sedangkan tim 3 melakukan penyisiran melalui laut menggunakan perahu karet hingga radius 2 Kilometer. “Korban Tsaqif berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan di 500 meter barat tempat kecelakaan, dalam keadaaan meninggal dunia,” kata Bejo.
Operasi pencarian dan pertolongan kali ini melibatkan Basarnas Cilacap, Polsek Ayah, Pos TNI AL Logending, Satpol Air Polres Kebumen, Koramil Ayah, BPBD Kebumen, SAR Lawet Perkasa, Bagana Kebumen, Cilacap Rescue GERTAKS Kebumen, MDMC Kebumen, Lintas Batas Purworejo, TRC Gamping Sleman, RAPI, keluaga, dan masyarakat. (eno/din/er)

Lainnya