
RADAR PURWOREJO – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa Sukamaju (Kopma Sukma) membuka kesempatan milenial dan generazi Z berkompetisi dalam bisnis yang kreatif dan inovatif. Menggandeng Unit Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), mereka menggelar kompetisi perencanaan bisnis yakni Business Plan Competition 2021.
Tema yang diangkat yakni optimalisasi potensi wirausaha dan kreativitas jiwa muda di era new normal. “Acara itu sebagai wadah bagi kaum millenials dan gen Z untuk berkompetisi dalam bisnis yang kreatif dan inovatif dengan peserta pelajar SMK atau SMA sederajat di Kabupaten Purworejo dan mahasiswa UMP,” ucap Ketua UKM Kopma Sukma Angger Sakti Fitrah kemarin (2/6).
Dijelaskan, ajang ini menjadi salah satu program UKM Kopma Sukma dengan sasaran mahasiswa dan pelajar. Kegiatan ini diharapkan mampu membuat motivasi mahasiswa terjun dalam bidang bisnis atau kewirausahaan meningkat.
“Para peserta, (diharapkan) bisnisnya dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Terlebih dalam menghadapi masa sulit pandemi,” jelasnya.
Peserta yang lolos mendapat kesempatan memaparkan ide bisnisnya di hadapan juri dari Unit Inkubator Bisnis UMP. Juara pertama untuk unit usaha bisnis diraih Surya Konveksi. Juara kedua direbut mahasiswa UMP dengan nama bisnis Lulla Butik. Sedangkan juara ketiga diraih siswa SMK Muhammadiyah Purworejo dengan nama bisnis Skamapur Shop.
Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMP Dr Budi Setiawan menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan serupa terus diadakan dan dikembangkan untuk mengembangkan ide-ide bisnis.
“Alhamdulillah UMP belum genap setahun sudah ada Unit Inkubator Bisnis. Ini kesempatan bagi mahasiswa untuk membidik peluang dan mencoba berbisnis,” ucapnya. (tom/amd)
