Jemput Bola, Vaksinasi di Balai Desa

Jemput Bola, Vaksinasi di Balai Desa
POlres Kebumen melakukan roadshow vaksinasi Covid-19 ke Kantor Desa Kretek, Rowokele untuk menarik perhatian masyarakat kemarin (3/6).

Radar Kebumen Untuk meningkatkan animo masyarakat mengikuti program vaksinasi Covid-19, Polres Kebumen melakukan road show vaksinasi Covid-19. Mereka melakukannya dengan cara jemput bola ke kantor desa. Selain itu, pemberian vaksinasi tidak lagi dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan (fayankes) atau puskesmas.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menjelaskan road show vaksinasi Covid-19 dinilai efektif. Hal ini lantaran masyarakat yang semula malas melakukan vaksinasi karena jarak jauh. Namun karena adanya program jemput bola, membuat masyarakat banyak yang datang ke Kantor Desa Kretek, Rowokele. “Target 228 masyarakat dilakukan vaksinasi, dan kurang lebih 150 warga yang datang memenuhi undangan,” kata Piter kemarin (3/6).

Menurut Piter, perlu peran dari berbagai pihak untuk sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi Covid-19. Mengingat vaksinasi adalah upaya pengendalian persebaran Covid-19. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2. “Kami berharap, target vaksinasi kepada masyarakat dapat tercapai sesui dengan yang telah direncanakan dari dinas kesehatan,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan Kebumen Kusbiyantoro mengaku, selain gencar melakukan vaksinasi Covid-19, tracking dan tracing juga dimasifkan. Menurutnya semakin banyak kegiatan deteksi secara dini dengan melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam tracking serta tracing, akan semakin dini melakukan pencegahan penyebaran. “Semakin banyak kita deteksi secara dini, kita temukan, kita isolasi, kita obati, itu salah satu strategi pencegahan penularan Covid-19,” bebernya. (eno/din/er)

Lainnya