Pancarkan Frekuensi di Puncak-Puncak Gunung

Pancarkan Frekuensi di Puncak-Puncak Gunung
LINGKUNGAN: Anggota ORARI Lokal Kabupaten Purworejo menanam pohon kopi di Gunung Ijo Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Sabtu (5/6). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Purworejo ke seluruh dunia. Itulah keinginan anggota ORARI Lokal Kabupaten Purworejo. Mereka terus kemampuan komunikasi, teknik, dan fisik anggotanya.

Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Kabupaten Purworejo tak melupakan lingkungan. Mereka pun bergerak memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Mereka melakukan penanaman pohon. Mereka menamam bibit kopi di Gunung Ijo Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. “Kemarin itu ada dua acara, ya, summit on the air (SOTA) yaitu kegiatan memancar frekuensi dari puncak-puncak gunung. Salah satunya di Gunung Ijo,” ujar anggota ORARI Lokal Kabupaten Purworejo Anggit Wahyu Nugroho saat dikonfirmasi Radar Purworejo Minggu (6/6).

Dia melanjutkan, summit on the air merupakan kegiatan di amatir radio ORARI. Kegiatan ini tak hanya untuk melatih anggota tentang kemampuan komunikasi, teknik, dan fisik. Selain itu, untuk memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Purworejo ke seluruh dunia melalui amatir radio.

“Baik ke anggota amatir radio atau siapapun yang mendengar pancaran kami di manapun berada. Bahkan, bisa sampai luar negeri,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, frekuensi memancar di band 49 meter dan 2 meter.

“Tercatat pada kegiatan aktivasi puncak Gunung Ijo kemarin, ada dua ratusan station radio amatir di seluruh Nusantara yang dapat berkomunikasi dengan station aktivator dan tercatat untuk selanjutnya diunggah di web SOTA yang berpusat di Inggris,” jelas dia.

Menurutnya, ORARI Lokal Kabupaten Purworejo menargetkan setiap bulan sekali melakukan kegiatan SOTA ke seluruh gunung yang ada di Kabupaten Purworejo. Terutama gunung yang masuk dalam database SOTA.

“Memang kegiatan ini bagi anggota amatir radio sifatnya keminatan. Jadi, tidak semua anggota ikut. Hanya yang berminat saja,” tandasnya. (han/amd)

Lainnya