Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pemdes

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pemdes
SINAU: Peserta desa magang dari Kabupaten Purworejo menimba ilmu di Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Jogjakarta, akhir pekan lalu. (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Pemkab Purworejo menjalin kerja sama dengan Pemkab Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Purworejo mengirimkan sejumlah perangkat desa untuk magang ke Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

Kegiatan magang tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa. Para peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam pemerintahan di desa masing-masing.

Magang dilakukan dalam beberapa tahap. “Tahap pertama sesuai jadwal kegiatan ini sudah dilaksanakan selama lima hari, mulai Selasa (1/6) sampai Sabtu (5/6),” ucap Kepala Dispermades Kabupaten Purworejo Agus Ari kemarin (6/6).

Magang tahap pertama diikuti 22 perangkat. Mereka magang di kantor Pemerintah Kelurahan Sumbermulyo. Mereka dibimbing Lurah Sumbermulyo Ani Widayani dan segenap perangkat desa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kalurahan Sumbermulyo yang telah bersedia membagikan ilmu. Kami bisa sharing internal antarperangkat Kelurahan Sumbermulyo dan peserta antusias menggali ilmu tanpa sungkan bertanya hal-hal yang mendetail seputar pengaplikasian aturan dan penentuan kebijakan dari pemerintah ke masyarakat umum,” jelasnya.

Selama magang para peserta ikut keliling menyimak beberapa infrastruktur di wilayah Kelurahan Sumbermulyo. Mulai pengelolaan sampah, saluran irigasi, hingga budidaya tanaman anggur yang memiliki kualitas bersaing tingkat nasional.

Ada beberapa materi yang dipelajari. Di antaranya, tuga spokok dan fungsi lurah dan perangkat desa, penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa, serta anggaran pendapatan dan belanja desa. Ada pula materi terkait produk hukum desa, pengelolaan keuangan sesa, administrasi pertanggungjawaban keuangan, dan penggalian potensi desa.

“Sangat kooperatif menyambut kehadiran para peserta magang. Saya berharap kegiatan ini membawa dampak perkembangan positif terkait pengelolaan desa di Kabupaten Purworejo. Sekaligus, menyambung silaturahmi dan kerja sama yang harmonis dan langgeng untuk seterusnya,” ujarnya. (tom/amd)

Lainnya