Berikan Tanda Cinta, Jadi Teladan Masyarakat

Berikan Tanda Cinta, Jadi Teladan Masyarakat
MANFAAT: Pegawai negeri sipil purnatugas menerima tali asih di Pendapa Kabupaten Purworejo Selasa (8/6). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Ratusan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Purworejo purnatugas pada Desember 2020 lalu. Korpri Kabupaten Purworejo memberikan tali asih kepada mereka. Mereka diharapkan tetap mengabdi.

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Purworejo tetap memperhatikan pegawai negeri sipil yang purnatugas. Wujud perhatian ditunjukkan dengan memberikan tali asih.

Ketua Korpri Kabupaten Purworejo Sukmo Widhi Harwanto mengatakan, penyerahan tali asih kali ini diberikan kepada ratusan PNS. Mereka purnatugas hingga Desember 2020.

”Ini merupakan yang ke-18 kalinya dilakukan oleh Korpri Kabupaten Purworejo. Jumlah penerima pada periode ini merupakan rekor karena mencapai 309 orang,” jelasnya dalam pemberian tali asih kepada PNS purnatugas di Pendapa Kabupaten Purworejo Selasa (8/6).

Hingga kini Korpri Kabupaten Purworejo telah memberikan tali asih kepada 2.069 orang. Total anggaran yang dikeluarkan lebih dari Rp 1 miliar.

Untuk menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), penyerahan tali asih dibagi dalam tiga hari. Penyerahan tali asih kemarin diberikan kepada 80 orang. Penyerahan juga akan dilakukan 9 dan 10 Juni di Kantor Korpri Kabupaten Purworejo.

Sukmo menyebutkan, pemberian tali asih merupakan program kerja. Dana bersumber dari dana kas Korpri Kabupaten Purworejo.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi dan Kesra Pram Prasetya Achmad menyatakan, PNS yang sudah purnatugas telah melakukan pengabdian dengan baik. “Tali asih tentunya tidak sebanding dengan jasa dan pengabdian yang telah diberikan. Namun, saya harap ini dapat dimaknai sebagai tanda kecintaan dan tidak dilihat dari sisi jumlah nominal maupun bentuknya,” katanya.

Dia mengucapkan selamat dan memberikan mengapresiasi pada para PNS yang telah purnatugas. Mereka telah menjalankan tugas dengan baik hingga masa purna.

”Terus semangat untuk selalu mengabdi, walaupun tidak lagi mengabdi sebagai ASN. Lanjutkan pengabdian pada masyarakat dan berikan teladan yang baik sehingga menjadi contoh untuk lingkungan Bapak-Ibu sekalian,” ujar dia.

Dikatakan, para PNS yang purnatugas diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam menyukseskan program-program pemerintah. Mereka diharapkan menjadi motor dan penggerak dalam lingkup mikro. Di antaranya, dalam kepatuhan penerapan protokol kesehatan pencegahan virus korona (Covid-19) yang terjadi saat ini. (han/amd)

Lainnya