Damkar Siap Tangani Karhutla

Damkar Siap Tangani Karhutla
PADAMKAN: Peserta berusaha memadamkan api dalam gladi posko tanggap bencana karhutla di Desa Semayu, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Petugas pemadam kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo siap menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau. Mereka siap diterjunkan.

Kesiapan itu tecermin dalam gladi posko tanggap bencana karhutla di Desa Semayu, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Kamis (3/6). Jajaran damkar ikut dalam kegiatan tersebut.

“Benar. Hal itu karena di musim kemarau sering terjadi kebakaran baik lahan maupun hutan,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo Budi Wibowo saat dikonfirmasi Radar Purworejo Senin (7/6).

Dikatakan, gladi teresebut melibatkan sejumla instansi. Di antaranya, Batalyon C Pelopor Kompi 4 Satuan Brimob Polda Jateng, Polsek Kemiri, perangkat Desa Semayu, Polhut Purworejo, ormas, dan relawan.

Budi menegaskan siap bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo. Terutama untuk menghadapi potensi bencana saat musim kemarau.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Purworejo Edy Purwantomeminta masyarakat waspada terhadap kebakaran hutan atau lahan. “Masyarakat harus waspada peristiwa kebakaran, baik di pemukiman maupun hutan dan lahan,” ungkapnya beberapa waktu lalu. (han/amd)

Lainnya