19 Kecamatan Siapkan Ruang Isoman

19 Kecamatan Siapkan Ruang Isoman
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama memantau salah satu ruang isolasi mandiri kemarin (10/6).

Radar Kebumen Guna mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menyiapkan ruang isolasi mandiri (isoman) di setiap kecamatan. Kurang lebih, ada 19 kecamatan yang saat ini sudah siap dengan ruang isolasi mandiri.
Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman merinci, kecamatan yang telah menyiapkan ruang isolasi mandiri adalah Adimulyo, Sempor, Sadang, Klirong, Karangsambung, Mirit. Serta di Kecamatan Karanggayam, Puring, Gombong, Ambal, Petanahan, Pejagoan, Prembun, Rowokele, Padureso dan Sruweng, Karanganyar, Kuwarasan,dan Ayah.
Di Kecamatan Adimulyo telah menyiapkan ruang isolasi kapasitas 60 orang di Gedung BP LKMD Adimulyo. Kecamatan Sempor menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 60 orang di bekas Gedung SD Bonsari Kecamatan Sempor.
Untuk Kecamatan Sadang, mampu menampung 80 orang yang telah disiapkan di Aula Korwil Disdik Seboro. Kecamatan Klirong menyiapkan ruang isolasi mandiri berkapasitas 100 orang di bekas Gedung SD Karangglonggong Klirong. “Karangsambung, Muspika setempat telah menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 100 orang di SMP Negeri Kaligending Karangsambung,” jelas Tugiman kemarin (10/6).
Kecamatan Mirit, lanjutnya, menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 60 orang di bekas Gedung SDN 2 Selotumpeng. Sementara Karanggayam, menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 30 orang di SD Karanggayam 3. Muspika Puring, juga telah menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 100 orang di bekas Gedung SDN Sitiadi. “Untuk Gombong disiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 100 orang di GOR Manunggal Gombong,” bebernya.
Kecamatan Ambal, SMP Desa Ambalkliwon telah disiapkan dan mampu menampung 100 orang. Begitu pula denga Petanahan yang mana ruang isolasi mandiri akan bertempat di GOR Petanahan dengan daya tampung 100 orang. Di Kecamatan Pejagoan, rumah dinas Camat akan digunakan dan mampu menampung 10 orang.
GOR Desa Sidogede Prembun, mampu menampung 100 orang juga telah disiapkan Muspika setempat. Kecamatan Rowokele, ada dua tempat yang akan digunakan. Yakni di Gedung PAUD Desa Rowokele yang akan mebampung 30 orang dan di SD Negeri 3 Bumiagung. “Kecamatan Padureso menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 20 orang Gedung Eks Puskesmas Padureso,” katanya.
Kecamatan Sruweng menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 30 orang. Bertempat di Gedung PGRI kecamatan Sruweng. Ruang isolasi mandiri di Karanganyar akan bertempat di SDN 5 Karanganyar dan mampu menampung 70 orang. Kecamatan Kuwarasan dengan kapasitas 80 orang di bekas Gedung SD Sawangan.  “Serta Kecamatan Ayah menyiapkan ruang isolasi mandiri kapasitas 60 orang di Gedung SDN 2 Demangsari,” ungkapnya.
Meski telah disiapkan ruang isolasi mandiri, Tugiman berharap tidak terjadi situasi kontijensi lonjakan kasus positif Covid-19. Ia juga mengimbau, agar masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan (prokes) 5M. Hal ini karena cara tersebut dinilai efektif unguk memutus mata rantai persebaran Covid-19. “Ini adalah langkah awal upaya antisipasi,” jelas Tugiman. (eno/din/er)

Lainnya