Gerbong Bergerak, 25 Pejabat Dirotasi

Gerbong Bergerak, 25 Pejabat Dirotasi

Radar Kebumen Sebanyak 25 pejabat aparatur sipil negara (ASN) jabatan administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menjalani rotasi dan promosi. Rotasi dan promosi menyasar sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dengan jabatan yang berubah mulai dari direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prembun hingga sekretaris dinas.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjelaskan, beberapa pejabat yang dirotasi adalah Direktur RSUD Prembun Iwan Danardono menjadi Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes). Posisi lamanya digantikan oleh Arif Komedi. Sekretaris Satpol Polisi Pamongpraja (PP) diisi oleh Agus Subekti dan pejabat lama Suratno kini menjadi sekretaris Bappenda. Sementara Sekretaris Bappenda Wahyu Siswanti dipindah menjadi sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Sugeng Pujarwanto sebelumnya menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan, saat ini dipindah menjadi Kabag Keuangan Sekretariat DPRD. Posisi lamanya, digantikan oleh Eko Widiantoro.
Menurutnya, pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah rekam jejak, kompetensi, pengabdian, komitmen terhadap tugas, tanggung jawab kepada negara dan telah melalui mekanisme sidang Tim Penilai Kerja PNS Kabupaten Kebumen. “Tentunya, rotasi pejabat ini juga telah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” jelas Arif saat pelantikan para pejabat di Ruang Jatijajar kemarin (11/6).
Pelantikan ini, kata Arif, dilakukan guna memenuhi kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karir pegawai. Sekaligus untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik. Ia meminta ASN dapat menjalankan tugasnya dengan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara. “Kami meminta kepada seluruh ASN yang baru dilantik agar bisa menjalankan tugasnya dengan penuh perhatian, komitmen, dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” harap Arif.
Arif juga mengajak kepada seluruh ASN,  agar pelantikan dimaknai dari sudut kepentingan organisasi. Bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu. Hal ini dilakukan dalam rangka pembenahan dan pemantapan organisasi untuk meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.
ASN, lanjut Arif, juga harus terus mempelajari aturan dasar melaksanakan tugas. Senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi. Mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif untuk kepentingan organisasi.
Memiliki kemampuan untuk mengombinasikan berbagai sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja yang maksimal. “Terkahir tertib administrasi dalam pelaksanaan pemerintahan saat ini, sehingga kegiatan yang dilaksanakan lebih akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan,” kata Arif. (eno/din/er)

Lainnya