Aplikasi E-Kinerja Optimalkan ASN

Aplikasi E-Kinerja Optimalkan ASN
Bupati Purworejo Agus Bastian saat menutup pelaksanan training of trainer Aplikasi E-Kinerja Aparatur Sipil Negara di Jogjakarta (12/6). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo bisa bernapas lega. Kinerja mereka bakal optimal dengan didukung aplikasi e-Kinerja. Aplikasi tersebut diharapkan mampu memudahkan kerja ASN dalam perencanaan, pelaksanaan tugas-tugas, dan penilaian kinerja.

Pemkab Purworejo sudah mengadakan pelatihan bagi ASN yang disiapkan untuk menjadi pelatih (training of trainer/ToT) dalam penerapan aplikasi e-Kinerja di Jogjakarta Sabtu (12/6). Pelatihan diberikan kepada beberapa perwakilan organisasi perangkat daerah.

”Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang bekerja sama dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara) ini. Mudah-mudahan dengan ini semakin banyak aparatur yang memahami dan menguasai e-Kinerja dan bisa segera diaplikasikan di Kabupaten Purworejo,” ujar Bupati Purworejo Agus Bastian saat menutup pelatihan tersebut.

Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan sangat cepat dan dinamis. Bahkan, terjadi pergeseran paradigma birokrasi ke paradigma e-government. E-government merupakan suatu proses sistem pemerintahan dengan memanfaatkan tekonologi informasi dan komuniasi (information and communication technology/ ICT).

Sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan kegiatan sebuah birokrasi. SDM yang efektif adalah sebuah sistem yang ideal dalam membentuk ASN profesional yang memiliki etos kerja yang tinggi.

Manajemen SDM sangat penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan tingkat profesionalisme penyelenggaraan tugas pemerintahan. SDM organisasi itu diharap mampu memberi kontribusi dalam mewujudkan SDM yang berdaya saing.

“Sesuai dengan visi dan misi pembangunan ke depan yakni Purworejo Berdaya Saing 2025. Mudah-mudahan ke depan ASN dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik,” kata dia. (han/amd)

Lainnya