Tekan Laka Laut, Dirikan Pos Pantau

Tekan Laka Laut, Dirikan Pos Pantau
SUKARELA: SAR Lintas Purworejo mendirikan pos pantau mandiri di onjek wisata Dewaruci, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, kemarin (14/6). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Search And Rescue (SAR) Lintas Purworejo bertekad menekan kecelakaan laut. Tekad itu diwujudkan degan mendirikan pos pantau mandiri di objek wisata Pantai Dewaruci Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Pos itu difungsikan sebagai tempat pemantauan pengunjung. Pos berukuran 3 kali 4 meter dan tinggi 4 meter. ”Kami bangun secara mandiri dengan dana swadaya para anggota SAR Lintas Purworejo,” ucap Koordinator SAR Lintas Kecamatan Purwodadi Arifudin Hamba kemarin (14/6).

Pos pantau tersebut dibangun atas dasar keprihatinan saat terjadi laka laut di Pantai Dewaruci beberapa waktu lalu. Tim SAR bisa memantau dan mengingatkan wisatawan agar tidak mandi di laut.

“Meskipun sederhana menggunakan bambu dan kayu, pos ini permanen,” jelasnya.

Menurut Arifudin, ada penjadwalan petugas jaga. Tiap personel berjaga dalam dua shift yakni pukul 08.00 sampai 15.00 dan 15.00 hingga 22.00.

Penjagaan dilakukan sampai malam meski obwis ditutup sore hari. “Berdasarkan pengalaman, pengunjung kadang masih ada yang datang hingga petang. Bahkan, sampai malam hari,” ujarnya.

Ketua SAR Lintas Purworejo Jatmiko menyatakan, SAR Lintas Purworejo memiliki anggota aktif sebanyak 60 orang. Mereka selalu meningkatkan kompetensi dalam proses pencarian dan pertolongan dengan menggelar pelatihan.

Sebanyak 30 anggota mengikuti pelatihan medical first responder (MFR) di Pos Angkatan Laut Desa Jatimalang Minggu (6/6). “Dalam waktu dekat, kami juga akan latihan water rescue di kolam renang Tirta Indah 412 Purworejo,” ucapnya. (tom/amd)

Lainnya