PPDB Kebumen Dimulai Senin

PPDB Kebumen Dimulai Senin
Dalam rangka persiapan PPDB Tahun 2021 Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan sosialisasi PPDB Online Jenjang SMP untuk perwakilan operator SD dan Korwil Bidik Kecamatan dan operator SMP negeri dan swasta.

Radar Kebumen  Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022 di Kabupaten Kebumen dimulai serentak pada Senin (21/6) mendatang. Masih di masa pendemi Covid-19, proses pendaftaran masih akan dilakukan secara online. Hanya saja, bukti pendaftaran dan pengumpulan surat keterangan lulus (SKL) asli harus dilakukan secara offline.

Kepala Sekolah SMPN 2 Kebumen Tjandra Agustina Dewanti menjelaskan, penyerahan berkas tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada Rabu (23/6) mendatang. Pada tanggal tersebut adalah hari terakhir pendaftaran sampai pukul 11.00. Nantinya, siswa akan dihadirkan sesuai jadwal nomor urut pendaftaran agar tidak terjadi kerumunan saat di sekolah.

Berkas yang diserahkan, lanjutnya, calon siswa harus telah mendaftarkan diri secara online. Baik secara mandiri maupun melalui operator sekolah dasar (SD) di laman ppdb.disdik.kebumenkab.go.id. Di laman tersebut, calon siswa akan memilih sekolah dan jalur masuk sekolah. “Meng-upload berkas, mencetak bukti pendaftaran dan menyerahkan secara langsung bersama SKL. Kemudian pengumuman akan diumumkan secara online pada Sabtu (26/6),” ungkap Tjandra kemarin (18/6).
Daya tampung tahun ini, kata Tjandra, pihaknya hanya menerima 256 siswa. Dengan rincian 50 persen kuota dari zonasi, 25 persen jalur prestasi, afirmasi 20 persen dan 5 persen lainnya dari perpindahan orang tua. Untuk zonasi, Tjandra merinci wilayah yang bisa masuk ke SMPN 2 Kebumen adalah Kecamatan Kebumen, Klirong, Buluspesantren, Pejagoan, Alian, Poncowarno dan Kutowinangun. “Untuk calon siswa pemegang kartu Indonesia pintar (KIP) atau kartu miskin, masuk jalur afirmasi,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Kutowinangun Siti Puji Astuti menuturkan pada Kamis (24/6), proses analisis dan penyusunan peringkat siswa akan dilakukan. Diumumkan pada 26 Juni, dengan jadwal daftar ulang pada 28-30 Juni. “Waktu PPDB serentak dengan SMP lainnya di Kebumen,” tuturnya.
Menurutnya, hal berbeda dari PPDB tahun ini dengan sebelumnya adalah surat keterangan domisili hanya diperuntukkan dengan ketentuan khusus. Yakni bencana alam dan sosial untuk jalur zonasi. Sebelumnya, calon siswa yang memiliki kartu keluarga (KK) luar kota bisa menggunakannya untuk syarat pendaftaran PPDB. “Namun saat ini, KK luar kota harus diganti dengan surat keterangan domisili yang harus memenuhi syarat,” beber Puji.
Sementara untuk jalur afirmasi, calon siswa harua menyertakan KIP atau surat keterangan tidak mampu (SKTM) dengan melampiran identitas data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Penyandang disabilitas, juga akan dimasukkan ke dalam jalur afirmasi. Hanya saja, ada pengecualian bagi disabilitas intelektual dan mental, tidak bisa mendaftar di sekolah inklusi. “20 persen untuk afirmasi. Dan kita akan menerima lima rombongan belajar (rombel) dengan total 16p peserta didik,” kata Puji. (eno/din/er)

Lainnya