Tugas Kami Adalah Melindungi Masyarakat

Tugas Kami Adalah Melindungi Masyarakat
SERIUS: Bupati Purworejo Agus Bastian dalam Rakor Satgas Covid-19 di Ruang Bagelen Setda Purworejo Kamis (17/6). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Letupan kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo membuat Bupati Purworejo Agus Bastian bersikap. Tempat isolasi terpusat untuk warga yang terpapar Covid-19 disiapkan. Vaksinasi pun digencarkan.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyingsingkan lengan baju. Dia tak ingin kasus virus korona (Covid-19) di Kabupaten Purworejo seperti yang terjadi di Kabupaten Kudus.

Sebagai orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, dia terus berupaya menangani letupan kasus Covid-19. Salah satu wujudnya yakni menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19.

“Tempat isolasi terpusat di kecamatan tetap harus disiapkan, karena kita tidak ingin meledak seperti Kudus. Jika nantinya terjadi lonjakan kasus yang sangat besar, kita sudah siap dengan fasilitas isolasi terpusat,” ujar Bupati Purworejo Agus Bastian dalam Rakor Satgas Covid-19 bersama forkopimda di Ruang Bagelen Setda Purworejo Kamis (17/6).

Pemkab telah menyiapkan beberapa tempat untuk isolasi terpusat. Lokasi tersebut siap dimanfaatkan jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang besar atau kondisi sangat darurat.

Dia menyebutkan, isolasi mandiri di rumah masing-masing tidaklah cukup. ”Upaya untuk menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 ini sangat berbahaya memang tidak mudah. Mereka diminta untuk isolasi saja masih menawar. Akhirnya, kita mengeluarkan kebijakan isolasi dirumah bagi yang tidak bergejala,” ujar dia.

Kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo mengalami peningkatan. Salah satunya terjadinya di Desa Brenggong, Kecamatan/Kabupaten Puworejo.

Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo telah melakukan beberapa upaya dengan tracing (melacak) warga yang kontak dengan pasien Covid-19. Selain itu, dinkes diminta memaksimalkan vaksinasi Covid-19.

Bastian berharap vaksinasi dapat segera mewujudkan herd immunity atau kekebelan imunitas di masyarakat. Menurutnya, herd immunity diharapkan dapat melindungi masyarakat dari kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

”Kami ingin berupaya dengan berbagai cara. Apapun akan kami lakukan semaksimal mungkin karena tugas kami adalah melindungi warga masyarakat,” ucapya. (han/amd)

Lainnya