Dukung Program Jogo Tonggo

Dukung Program Jogo Tonggo
Partnership bersama Humas ACT Purworejo menyerahkan bantuan untuk warga terpapar Covid-19 yang diterima Satgas Jogo Tonggo di RT 02 RW 02 Kledung Karangdalem.

RADAR PURWOREJO Lonjakan kasus terkait virus korona (Covid-19) beberapa hari terakhir di Kabupaten Purworejo memantik perhatian lembaga sosial dan kemanusian. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Purworejo memberi bantuan kepada warga terpapar Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Bersinergi dengan pemerintah dan elemen terkait lainnya, ACT memberikan bantuan kepada keluarga GA, 74, warga Kelurahan Kledung Karangdalem RT 02 RW 02 Kecamatan Banyuurip Minggu (20/6). Bantuan berupa paket sembako, suplemen makanan, vitamin, beras, air mineral, dan sejumlah kebutuhan pangan lainnya. Bantuan diserahkan Partnership ACT Purworejo Triasmawati kepada Satgas Jogo Tonggo Istingal Aji.

“Penyaluran bantuan ini sebagai tindak lanjut aspirasi warga di wilayah setempat. Kegiatan ini sekaligus mendukung sistem Jogo Tonggo di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Purworejo,” ucap Triasmawati kemarin (21/6).

Dijelaskan, paket bantuan yang diberikan berupa bantuan yang belum diberikan dalam program Jogo Tonggo dan bantuan dari sumber lain. “Informasi yang saya dengar, sistem Jogo Tonggo di wilayah sini sudah jalan baik. Maka, bantuan kami sesuaikan berdasarkan usulan warga sehingga berguna mengurangi beban keluarga yang sedang menjalani isoman,” jelasnya.

Menurutnya, Jogo Tonggo sejalan dengan tujuan ACT. “Tanggal 9 April 2021 ACT sudah bergerak menyalurkan logistik bantuan serta menjalankan berbagai program bagi masyarakat Purworejo. Menyimak informasi pemerintahan maupun masyarakat, khususnya terkait penanganan Covid-19 dan kami langsung turun,” ujarnya.

Ditegaskan, ACT siap berkolaborasi dengan berbagai elemen. Khususnya, lembaga di Kabupaten Purworejo agar sistem pendistribusian bantuan bisa tetap sasaran dan terarah. Harapannya kasus Covid-19 bisa menurun sehingga masyarakat bisa pulih kembali.

“Dalam waktu dekat kami memasifkan gerakan sedekah pangan nasional. Tidak hanya untuk warga terpapar Covid-19, tetapi keluarga prasejahtera, pondok pesantren, dan panti asuhan dalam bentuk beras hasil dukungan wakaf dari berbagai donatur,” tegasnya.

Sementara itu, Istingal Aji mengapresiasi kepedulian dan gerak cepat ACT. Program Jogo Tonggo sangat terbantu dengan aksi ini.

Menurutnya, ketika ada warga terpapar maka pengurus RT bersama ibu-ibu dasawisma langsung bergerak untuk membantu kebutuhan sehari-harinya. Para tetangga secara swadaya juga aktif berkontribusi.

Dikatakan, terdapat tiga keluarga warganya yang terpapar Covid-19. Mereka tinggal dalam satu rumah.

Satgas bersama warga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh rumah. “Kami juga terus mengimbau kepada semua warga untuk meningkatkan kewaspadaan karena kasus Covid-19 di Purworejo ini masih terus melonjak,” ungkapnya. (tom/amd/er)

Lainnya