Masih Banyak Warga Tak Patuh Prokes

Masih Banyak Warga Tak Patuh Prokes
Pihak kepolisian menegur warga yang tidak patuh melaksanakan protokol kesehatan saat menggelar Operasi Yistisi di Pasar Puring. Agar tidak mengulangi kesalahan serupa, tiga pelanggar prokes disanksi membersihkan tempat umum.

Radar Kebumen Kepolisian Resor (Polres) Kebumen gencar melakukan Operasi Yustisi agar masyarakat selalu patuh protokol kesehatan (prokes) dan menerapkan 5M. Namun, masih saja ditemukan warga yang tidak patuh prokes.
Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman menjelaskan operasi yustisi digelar oleh Polsek Puring dan menyasar para pedagang dan pengunjung Pasar Puring. Dalam operasi tersebut, masih ditemukan masyarakat yang abai dengan prokes. Melalui petugas, warga langsung ditegur dan diingatkan kembali untuk selalu mengenakan masker.

Menurut Tugiman, kurang lebih ada 10 warga pengunjung pasar yang mendapatkan teguran. Agar tidak mengulangi kesalahan serupa, tiga pelanggar prokes dibetikan sanksi sosial dengan membersihkan tempat umum. “Dalam operasi yustisi juga dilakukan pembagian masker,” ungkap Tugiman.

Selain Polsek Puring, operasi yustisi juga digencarkan dari tingkat Polres hingga Polsek. Hal ini karena semakin menggeliatnya kasus Covid-19 di Kebumen. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau kembali mendisiplinkan diri prokes 5M. Yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Dalam situasi seperti ini, kata Tugiman, masyarakat diminta untuk kompak melaksanakan prokes dengan disiplin. “Situasi saat ini, masyarakat harus kompak. Mari prokes untuk selalu ditegakkan. Saat ini angka positif Covid-19 terus menanjak,” terang Tugiman. (eno/din/er)

Lainnya