Gelar Pencucian Pataka dan Doa Bersama

Gelar Pencucian Pataka dan Doa Bersama
Polda DIJ dipimpin oleh Wakapolda DIJ Brigjen Pol R Slamet Santoso gelar upacara pemuliaan nilai-nilai tribata dan doa bersama di Mapolda DIJ, kemarin (23/6).

SLEMAN Menjelang hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli mendatang, Polda DIJ menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai tribata dan doa bersama, Rabu (23/6). Kegiatan itu dipimpin oleh Wakapolda DIJ Brigjen Pol R Slamet Santoso. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Anton Sudjarwo Mapolda DIJ.

Upacara pemuliaan nilai-nilai tribata merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan, dengan melakukan pencucian panji-panji Polri. Merupakan simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri. Istilah ini juga disebut pencucian pataka, manggala naya wiwarottama. Manggala artinya pemimpin. Naya berarti tuntunan atau panutan. Dan wiwarottama sebagai pintu gerbang keutamaan.

Brigjen Pol R Slamet Santoso mengatakan, upacara pencucian ini dimaknai sebagai pembersihan hati dan jiwa, dari hal-hal negatif. Sehingga personel Polri dapat melaksanakan tugas melayani masyarakat dengan baik. Tradisi wajib yang dilaksanakan dengan perosesi ini, kata dia, menjadi renungan dan mengenang. “Apa saja yang telah kita berikan kepada nusa dan bangsa selama mengabdi sebagai anggota Polri,” Brigjen Pol R Slamet.

Dengan pencucian pataka ini, lanjutnya,  Polri berupaya membersihkan hati dan jiwa personel. Diharapkan selama bertugas menjadi lebih bersemangat dalam melayani masyarakat. Dikatakan, pencucian pataka ini merupakan agenda sakral Polri, yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam memperingati hari Bhayangkara.

Nah, selain pencucian pataka ini, Polda DIJ juga menggelar beberapa kegiatan. Antara lain, anjangsana ke sesepuh yang pernah menjabat sebagai Kapolda DIJ. Kemudian ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Kusumanegara. “Serta beberapa kegiatan bakti sosial, seperti vaksinasi masal yang rencananya akan digelar pada Sabtu mendatang,” ucapnya.

Setelah upacara tersebut dilaksanakan, selanjutnya digelar doa bersama di Masjid Babusalam Polda DIJ.

Kabidhumas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto menambahkan, tantangan tugas Polri kedepan tentunya semakin berat ditengah pandemi Covid-19. Nah, momentum ini dijadikan wahana bermuhasabah agar kedepan Polri dapat menjalankan tugas dengan baik dan profesional.

“Hari Bhayangkara ke-75 tahun ini, dihadiri seluruh pejabat utama Polda DIJ. Kegiatan  digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Yuliyanto yang pernah menjabat Kapolres Sleman itu. (mel/bah/din/er)

Lainnya