Kebumen Lima Besar Kasus Positif

Kebumen Lima Besar Kasus Positif
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meninjau pelaksanaan vaksinasi massal untuk para pedagang di Pasar Prembun kemarin (24/6).

Radar Kebumen Vaksinasi massal kepada para pedagang kembali dilakukan. Kemarin (24/6) dilaksanakan  di Pasar Prembun. Sebelumnya, vaksinasi massal kepada pedagang telah dilakukan di beberapa lokasi. Seperti pasar Karanganyar, Pasar Gombong, dan Pasar Kutowinangun.
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengapresiasi pedagang pasar yang antusias mengikuti program vaksinasi. Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi bagi para pedagang, akan dilakukan bergantian di pasar-pasar tradisional. “Kemarin di pasar Kutowinangun, dan akan dilaksanakan di pasar-pasar tradisional lainnya di setiap kecamatan,” jelas Arif kemarin (24/6).

Diketahui, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Kebumen mengalami peningkatan signifikan. Angka kasus terkonfirmasi positif dalam kurun waktu beberapa hari terakhir terus naik dan memebuat Kebumen masuk dalam lima besar jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak di Jawa Tengah. “Hal ini tentunya membawa keprihatinan bersama. Dan kami bersama seluruh jajaran kini tengah berupaya untuk mengendalikan penyebaran virus korona,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Informasi Publik satgas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto menuturkan pada Rabu (23/6), vaksinasi terhadap pedagang pasar telah mencapai 380 dosis. Dengan dosis pertama telah menyasar 267 orang dan 113 orang telah melakukan vaksinasi dosis kedua. Sedangkan untuk lansia, capaian vaksin dosis pertama adalah 18.851. Sedangkan dosis kedua mencapai 6.222. “Total dosis vaksinasi di Kebumen mencapai 100.808. Dengan rincian dosis pertama adalah 60.106 dan dosis kedua mencapai 40.702,” tutur Cokro.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen Budi Satrio menuturkan vaksinasi massal yang dilakukan di pasar, tidak hanya menyasar pedagang pasar. Jika ada masyarakat bukan pedagang dan masuk dalam prioritas yang berkenan untuk melakukan vaksinasi, bisa mendatangi lokasi vaksinasi. “Tidak ada syarat khusus juga untuk pedagang yang ingin vaksin,” beber Budi.
Program vaksinasi untuk para pedagang pasar yang ada di Kebumen, ditargetkan selesai pada Agustus 2021. Kurang lebih ada 1.000 vaksin yang telah disiapkan untuk setiap pasar. Jumlah tersebut juga akan menyesuaikan kebutuhan setiap pasar. Saat ini, vaksinasi di Kebumen masih menggunakn vaksin berjenis Sinovac. (eno/din/er)

Lainnya