PPDB Online SMP Resmi Ditutup

PPDB Online SMP Resmi Ditutup
Suasana Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN2 Kebumen.

RADAR KEBUMEN Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP yang dijadwalkan selesai Rabu (23/6), diperpanjang dua mundur dua hari dan baru ditutup kemarin (25/6). Perpanjangan masa pendaftaran dilakukan karena server sempat bermasalah dan tidak bisa digunakan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen Moh Amirudin menjelaskan, perpanjangan pendaftaran telah ditutup pukul 11.00 kemarin (25/6). Kebijakan perpanjangan hanya berlangsung selama dua hari. Hal itu sesuai dengan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen nomor 420/2970 terkait pengunduran jadwal PPDB online tahun pelajaran 2021/2022.

Amir menuturkan, website pendaftaran PPDB online yaitu ppdb.disdik.kebumenkab.go.id sempat mengalami kendala pada hari pertama dan kedua. Selain lamban, laman tersebut tidak bksa diakses oleh peserta didik dan pihak sekolah. Pendaftaran yang sebelumnya dilakukan sejak 21 Juni sampai 23 Juni, terpaksa diperpanjang hingga 25 Juni karena adanya masalah pada server PPDB online. “Pendaftaran sudah selesai dan tidak diperpanjang lagi,” kata Amir kemarin (25/6).
Dengan adanya pengunduran tersebut, maka pengumuman PPDB online tahap I juga mundur. Jika sebelumnya pengumuman dijadwalkan pada 26 Juni, pengumuman siswa yang lolos dari setiap SMP akan diundur Senin (28/6) mendatang. Serta pendaftaran ulang yang dijadwalkan mulai 28-30 Juni, akan mundur pada 29 Juni hingga 1 Juli.
Sedangkan PPDB online tahap 2, pendaftaran atau verifikasi berkas dimulai pada Jumat (2/7).  Analisis penyusunan peringkat pada Sabtu (3/7), pengumuman dijadwalkan Senin (5/7), dan pendaftaran ulang pada Selasa (6/7). Sementara untuk PPDB SMP swasta luar jaringan, pendaftaran atau verifikasi berkas dijadwalkan sejak 21 Juni hingga 6 Juli. “Analisis penyusunan peringkat 7 Juli, pengumuman 8 Juli dan pendaftaran ulang 9 Juli,” bebernya.
Sementara itu Kepala SMPN 2 Kebumen Tjandra Agustina Dewanti menuturkan, pihaknya sempat mengalami kendala saat proses verifikasi. Meski sempat mengalami kendala, namun proses verifikasi berkas calon peserta didik yang masuk bisa diselesaikan di hari yang sama. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan panitia Disdik Kebumen selama ada kendala saat PPDB online.
Meskipun diperpanjang selama dua hari, pendaftar di SMPN 2 Kebumen justru menurun. Total ada 653 pendaftar sampai pukul 11.00 kemarin (25/6). Angka tersebut menurun dari hari sebelumnya. Mundurnya calon siswa, dikarenakan pada jurnal yang bersangkutan sudah tidak mashk dalam peringkat. Kemudian membuat calon peserta didik pondah jalur atau pindah pilihan sekolah. “Karena kami hanya menerima 256 siswa,” tutur Tjandra. (eno/din/er)

Lainnya