Desa Wisata Gerakkan Ekonomi Pedesaan

Desa Wisata Gerakkan Ekonomi Pedesaan
ALTERNATIF: Peserta pelatihan pengelolaan desa wisata di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo (26/6). (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo tak hanya memberikan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) terhadap pemandu wisata. Instansi tersebut juga menggelar pelatihan untuk pengelolaan desa wisata di Kabupaten Purworejo.

“Pelatihan dilakukan karena dengan desa wisata dapat menggerakan perekonomian di pedesaan dan masyarakat ikut diperdayakan di dalamnya,” kata Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Promosi Wisata Dinparbud Kabupaten Purworejo Dyah Woro Setyaningsih kepada Radar Purworejo Senin (28/6).

Dinparbud menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola desa wisata pada 24 hingga 26 Juni di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Pelatihan menggunakan sumber dana yang dari dana alokasi khusus nonfisik Kabupaten Purworejo tahun 2021.

Kabupaten Purworejo mempunyai sejumlah desa yang mengusung konsep desa wisata. Saat ini desa wisata merupakan tren pariwisata alternatif yang banyak diminati masyarakat. Desa wisata menerapkan konsep pariwisata berkelanjutan di mana lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal.

“Sebanyak sepuluh desa menjadi peserta dalam pelatihan. Di antaranya adalah Pandanrejo, Kaligono, Somongari, Ketawangrejo, Benowo, Sukowuwuh, Purbayan, Kaliwungu, Kaliurip, dan Giyombong,” sebut Woro.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Desa Wisata Institute. Lembaga ini memberikan pelatihan dan pendampingan ke sepuluh desa peserta pelatihan tersebut.

“Peserta juga diajak melakukan kunjungan ke Desa Wisata Pandanrejo, Kaligesing, untuk melihat dan merasakan secara langsung tentang paket-paket wisata yang ditawarkan,” jelas dia. (han/amd)

Lainnya