Genting Belasan Rumah Warga Melorot

Genting Belasan Rumah Warga Melorot
Kerusakan rumah akibat gempa di Giripurwo, Saptosari, Gunungkidul, kemarin (28/6).

GUNUNGKIDUL Gempa bumi berkekuatan 5,1 SR yang mengguncang DIJ dan sekitarnya menimbulkan kerugian materi. Di Kabupaten Gunungkidul, belasan rumah di tiga kapanewon dilaporkan mengalami kerusakan.

Gempa yang terjadi kemarin (28/6) pukul 05:15:29 itu berlokasi di 8.49 LS,110.59 BT atau 55 Km barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 48 Km di bawah permukaan air laut. Adanya gempa itu dilaporkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan keterangan tidak berpotensi tsunami.

Lurah Girisekar, Kapanewon Panggang, Sutarpan mengatakan, dampak gempa pada bangunan rumah di wilayahnya masuk kategori rusak ringan. Sebagian besar genting melorot. “Ada 14 rumah. Usai kejadian warga gotong royong di tengah guyuran hujan deras,” katanya.

Sementara Lurah Giripurwo Supriyadi mengungkapkan, meski ada kerusakan bangunan dipastikan penghuni rumah tidak mengalami luka. Saat gempa, para penghuni rumah sudah bangun sehingga bisa menyelamatkan diri.

“Kami belum bisa menghitung nilai kerugian yang ditimbulkan dari dampak gempa. Fokus terlebih dahulu pada upaya perbaikan,” kata Supriyadi.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, gempa memicu kerusakan di wilayah Kapanewon Purwosari, Panggang, dan Kapanewon Girisubo. Data awal, rata-rata kerusakan atap rumah rontok.

“Contoh kerusakan rumah di Purwosari. Rumah itu milik Sujiyo, warga Pedukuhan Sumur, Giripurwo, Kapanewon Saptosari, material plafon atap rumah runtuh menimpa satu unit laptop,” kata Edy saat dihubungi kemarin.

Berdasarkan data awal, kerusakan enam rumah dilaporkan rusak ringan di Kapanewon Purwosari, kerugian materi sekitar Rp 6 juta. Sementara di Kapanewon Panggang dilaporkan delapan rumah rusak ringan. Kerugian ditaksir Rp 2 juta dan di Kapanewon Girisubo kerusakan satu rumah kerugian kisaran Rp 200 ribu. “Korban luka dan jiwa nihil,” ungkapnya.

Gempa dengan magnitudo 5.1 SR itu dirasakan di Kabupaten Bantul, Gunungkidul III-IV MMI, Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk III MMI, Sleman, Jogjakarta II-III MMI, Klaten. Gempa juga dirasakan hingga Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Malang, dan Solo II MMI BMKG. (gun/laz/er)

Lainnya