Larang ASN Dinas ke Luar Kota

Larang ASN Dinas ke Luar Kota

Radar Kebumen Pemerintah Kabupaten Kebumen kembali mengeluarkan kebijakan untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Yakni aparatur sipil negara (ASN) dilarang melakukan perjalanan dinas ke luar kota.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjelaskan, kebijakan tersebut juga termasuk larangan bagi ASN menerima tamu kedinasan dari luar kota. Hal ini sesuai dengan surat edaran Gubernur Jawa Tengah. Selaras dengan berjalannya kebijakan tersebut, diharapkan angka persebaran Covid-19 kian menurun.

Tidak hanya melarang ASN ke luar kota, Arif mengaku pihaknya juga melarang ASN untuk hadir dalam event atau festival yang bisa menimbulkan kerumunan massa. Sehingga dalam menjalankan tugas, saat ini ASN disarankan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi. Seperti untuk rapat atau koordinasi, sebisa mungkin dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi secara online. “Sebisa mungkin hindari pertemuan fisik jika tidak penting,” harap Arif kemarin (29/6).

Kebijakan tersebut, lanjutnya, berlaku sampai pemberitahuan lebih lanjut sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi Covid-19 di Kebumen. Kebijakan tersebut, diharapkan mampu dilakukan hingga tingkat Desa. “Kepada para Camat, diminta untuk menyampaikan aturan ini kepada seluruh jajaran Kepala Desa,” kata Arif.

Arif juga menyampaikan, saat ini pihaknya telah menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Dengan kapasitas mencapai 50 persen pegawai yang bekerja di kantor dilakukan secara bergantian. Kebijakan ini, diambil dari hulu sampai hilir. Mulai dari pencegahan, pengawasan, pengobatan, sampai penindakan, diupayakan dijalankan sesuai aturan. “Yang belum divaksin jangan lupa dan jangan takut divaksin. Yang sudah divaksin, tetap jangan abai terhadap protokol kesehatan,” tegasnya. (eno/bah/er)

Lainnya