Mataram Utama FC Fokus Bina Usia Muda

Mataram Utama FC Fokus Bina Usia Muda
Latihan perdana Mataram Utama FC di Lapangan Kenari, Kota Jogja, Minggu (27/6). Latihan ini dihadiri oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

JOGJA  Jogjakarta punya klub sepak bola baru. Namanya Mataram Utama FC. Klub tersebut merupakan pengembangan dari perkumpulan anggota Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Jogja, Manggala SIWO Mataram Utama.

Tim anyar ini diarsiteki oleh mantan asisten pelatih PSIM Jogja Erwan Hendarwanto. Sedangkan asisten pelatih dipercayakan kepada mantan pemain PSIM Johan Arga Pramudya. Mataram Utama FC tak hanya berpentas di kompetisi Askot saja. Melainkan merambah ke Liga 3 dan pembinaan usia dini lewat Mataram Utama Football Academy.

Sebelumnya, penyerahan berkas pendaftaran sebagai calon anggota PSSI sudah diberikan melalui Asprov PSSI DIJ, Sabtu (26/6). Sedangkan latihan perdana berlangsung di Lapangan Kenari, Minggu (27/6). Dan dihadiri oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Tidak hanya memberi dukungan langsung, Indra juga memberikan bantuan peralatan latihan tim. Eks pelatih timnas U-19 itu berpesan agar Mataram Utama FC benar-benar serius mengembangkan pembinaan sepak bola di Kota Gudeg. Terlebih, kata Indra, klub adalah aset penting bagi PSSI. “Semoga ke depan tim ini bisa melahirkan pemain-pemain potensial untuk timnas dengan sistem dan cara berlatih yang benar. Saya lihat, klub ini bagus karena punya pemain-pemain muda bahkan ada akademinya dan dilatih pelatih-pelatih berlisensi,” ujarnya.

Pria 58 tahun itu menilai, anak-anak muda Jogjakarta memiliki potensi sama bagusnya seperti daerah-daerah lain. Sehingga ketika banyak klub mendidik dengan cara benar, maka ke depan akan muncul potensi pesepakbola berkualitas dari Bumi Mataram.

Sementara itu, Presiden Mataram Utama FC Dessy Arfianto mengatakan, salah satu keseriusan Mataram Utama FC yakni dengan penunjukan Erwan Hendarwanto sebagai pelatih kepala. Saat ini Erwan sendiri tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi A PSSI Diploma di Kota Padang.

Yang pasti, Dessy menegaskan timnya berkonsentrasi penuh pada peningkatan kualitas klub, pemain dan pelatih di level akar rumput. Demikian pula pembentukan Mataram Utama Football Academy adalah komitmen klub dalam pembinaan sepak bola usia muda. “Ya, akademi tersebut sudah resmi didaftarkan sebagai lembaga terafiliasi PSSI. Intinya kami berupaya membentuk klub yang baik dan tepat secara manajerial juga program,” paparnya. (ard/bah/din/er)

Lainnya