Wujud Kepedulian dan Semangat Gotong Royong

Wujud Kepedulian dan Semangat Gotong Royong
KEMANUSIAAN: Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim menyerahkan duplikat kunci rumah kepada Ceti Lukito, 70, warga Desa Kuwurejo RT 01 RW 02 Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, kemarin (8/7). (HENDRI UTOMO/Radar Purworejo)

RADAR PURWOREJO – Kegiatan bedah rumah kolaborasi Kodim 0708 Purworejo dan Baznas Purworejo menyasar sebuah rumah di Desa Kuwurejo RT 01 RW 02 Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Rumah tersebut kini layak huni.

Aksi bedah rumah yang diinisiasi Kodim 0708 Purworejo berlanjut. Pandemi Covid-19 tidak lantas menyurutkan langkah untuk melaksanakan aksi sosial tersebut

Kali ini bedah rumah dilakukan pada kediaman Ceti Lukito, 70, di Desa Kuwurejo RT 01 RW 02 Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Rumah sudah selesai diperbaiki sehingga menjadi layak huni.

Renovasi rumah ini dilaksanakan oleh anggota Koramil 05 Kutoarjo bekerja sama dengan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Purworejo. ”Ini sebagai wujud kepedulian dan kehadiran TNI di tengah masyarakat,” ucap Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim saat penyerahan duplikat kunci rumah kemarin (8/7).

Lukman menjelaskan, bedah rumah sudah menjadi program kemanusiaan yang rutin dilakukan TNI melalui Bintaa Pembina Desa (Babinsa). Dalam pelaksanaannya melibatkan Polri (Bhabinkamtibmas), yang bersinergi dengan pemerintah desa setempat.

Bedah rumah diselenggarakan berdasarkan laporan terkait rumah warga yang dinilai tidak layak huni. “Kemanunggalan TNI dan rakyat harus terus dijaga dalam mewujudkan ketahanan wilayah dalam sistem pertahanan semesta. Kegiatan ini juga untuk memotivasi semangat kegotongroyongan guna pemberdayaan masyarakat dalam akselerasi pembangunan di pedesaan,” jelasnya.

Bendahara Baznas Kabupaten Purworejo Maryono mengungkapkan, proses bedah rumah diawali dengan pengajuan permohonan bantuan warga melalui pemerintah desa kepada Baznas. Basnaz lantas berkoordinasi dengan Kodim 0708 Purworejo untuk pelaksanaan program kemanusian di pedesaan.

”Kami terus bekerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah Kabupaten Purworejo. Baznas akan selalu mendukung program Kodim untuk membantu masyarakat yang rumahnya tidak layak huni,” paparnya. (tom/amd)

Lainnya