Senkom Mitra Polri Dilatih Jadi Tracer

RADAR PURWOREJO – Anggota Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kabupaten Purworejo mendapat pelatihan tracer (pelacak) Covid-19 dari Polres Purworejo di Ruang Rupatama Polres Purworejo Jumat (9/7). Pelatihan diberikan dalam rangka mendukung percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Purworejo.

Kasat Binmas Polres Purworejo AKP Prayogo mengatakan, pelatihan diberikan agar Senkom memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan bisa membantu Polri menciptakan ketertiban keamanan dan kondusif wilayah selama pandemi. “Mereka juga bisa pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sekaligus mengakhiri masa pandemi,” ungkapnya.

Wakil Ketua Senkom Kabupaten Purworejo Annas menegaskan, sejauh ini anggota Senkom menjadi relawan. Pelatihan ini diharapkan membuat anggota bisa menjadi tracer di wilayah domisili masing-masing melalui puskesmas.

Ada sejumlah materi yang diberikan. Di antaranya, konsep dasar pelacakan, buku saku, dan penyampaian aplikasi Si Lacak.

“Mereka akan melakukan pendataan sekaligus melacak siapa saja yang bersinggungan dengan orang yang terpapar Covid -19 di wilayahnya masing-masing lalu dilaporkan ke dinkes sebagai penanggung jawab melalui aplikasi Si Lacak,” ucapnya.

Dijelaskan, saat ini anggota yang aktif lebih dua ratus orang. Mereka diharapkan bisa membagikam ilmunya kepada relawan lain di wilayahnya.

“Kami bermitra dengan Polri untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini,” jelasnya. (tom/amd)

Lainnya