Antusiasme Tinggi, Pendaftar Melebihi Kuota

Antusiasme Tinggi, Pendaftar Melebihi Kuota
ANTUSIAS: Suasana bakti sosial vaksinasi masal di Balai RW 05 Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, kemarin (12/7). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Berbagai lembaga menggelar bakti sosial berupa vaksinasi masal virus korona (Covid-19). Yakni, Polres Purworejo, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purworejo, Puskesmas Banyuurip, dan Pemerintah Kelurahan Borokulon.

Vaksinasi tahap pertama ini dilaksanakan di lingkungan Perumahan Pepabri RW 05 Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, kemarin (12/7). Warga tampak antusias mengikuti vaksinasi tersebut. Jumlah pendaftar vaksinasi melebihi target awal.

Ketua PWI Purworejo Aris Himawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyukseskan gerakan vaksinasi yang sedang digalakkan pemerintah sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19. Vaksinasi dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terkadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo.

Vaksin yang digunakan yakni jenis Sinovac. Vaksin berasal dari Polres Purworejo melalui program Gerai Vaksin Presisi Bakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri. “Tenaga medis dari Puskesmas Banyuurip,” katanya.

Sementara itu, vaksinasi tahap kedua dijadwalkan 9 Agustus. “Dalam giat vaksinasi ini, dari sasaran awal yang hanya seratus dosis vaksin, terdapat 117 orang pendaftar. Sehingga dilakukan penambahan menjadi 110 dosis vaksin, tujuh harus menunda,” jelasnya.

Lurah Borokulon Muh Khabib menerangkan, proses pendaftaran peserta vaksinasi dikoordinasi ketua RT. Warga yang sudah mendaftar ternyata melebihi kuota.

Menurutnya, ini cukup menjadi bukti antusiasme warga sangat tinggi untuk menerima vaksin. “Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bergilir, selama satu hari dimulai pukul 10.00 hingga selesai. Penjadwalan dilakukan agar tidak terjadi kerumunan,” katanya.

Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari mengapresiasi kegiatan vaksinasi tersebut. Dia mengharapkan masyarakat memiliki kesadaran untuk melakukan vaksinasi sebagai upaya penanggulangan Covid-19.

“Kami terus mengedukasi masyarakat mengenai program vaksinasi ini. Masyarakat diharapkan dengan kesadaran sendiri mau untuk divaksin. Sebab, vaksinasi ini dalam rangka untuk menekan penyebaran Covid-19, meskipun nantinya masih bisa terpapar. Akan tetapi, jika sudah mendapat vaksinasi, gejalanya akan lebih ringan,” ucapnya.

Terpisah, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito mengimbau warga yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Terlebih, saat ini muncul varian baru yang penularannya sangat cepat di Indonesia.

“Setelah divaksin, nanti bukan berarti bebas tidak menerapkan protokol kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan agar tidak tertular,” harapnya. (tom/amd)

Lainnya