Fokus Diberikan ke Warga Isoman

Fokus Diberikan ke Warga Isoman
BERBAGI: Proses penyembelihan hewan kurban di kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo kemarin (21/7). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Pembagian daging kurban dilakukan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Pemberian daging kurban difokuskan untuk warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar virus korona (Covid-19).

Ada empat sapi yang dikurbankan. Penyembelihan dilaksanakan dengan hanya melibatkan panitia dan menerapkan protokol kesehatan. Selain dibagikan ke warga isoman, daging kurban juaga diberikan ke warga di sejumlah desa binaan UMP.

“Daging korban juga kami fokuskan untuk membantu warga yang terpapar Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri di sejumlah desa binaan UMP. Juga, ke desa binaan UMP. Di antaranya, Desa Sedayu, Kecamatan Loano,” papar Koordinator Penyembelihan dan Distribusi Hewan Kurban UMP Diki Anwar Sani kemarin (21/7).

Ditegaskan, penyembelihan hewan kurban sengaja dilaksanakan hari kedua Idul Adha. Sebab, berdasarkan aturan dalam PPKM darurat dianjurkan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari kedua.

“Kami mengikuti kebijakan PPKM darurat. Tentu, kami kedepankan protokol kesehatan ketat,” tegasnya.

Menurutnya, panitia membuka kesempatan kepada warga untuk mengajukan permintaan daging kurban. Ada sejumlah permohonan yang masuk. Di antaranya, dari warga Kelurahan Baledono (Kecamatan Purworejo), Desa Jatirejo (Kecamatan Kaligesing), Kelurahan Cangkrep Kidul (Kecamatan Purworejo), dan Desa Butuh (Kecamatan Butuh).

“Semoga bisa sedikit membantu, bisa meringankan beban masyarakat yang tengah menjalani PPKM darurat Covid-19. Tahun depan semoga pandemi sudah berlalu dan bisa lebih semarak lagi,” harapnya. (tom/amd)

Lainnya