Vaksinasi Bisa Diikuti Masyarakat Luas

Vaksinasi Bisa Diikuti Masyarakat Luas
Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua digelar di Mapolres Kebumen diikuti masyarakat kemarin (21/7).

Radar Kebumen  Gerai vaksin presisi untuk dosis kedua kembali dibuka di Mapolres Kebumen kemarin (21/7). Sebanyak 450 dosis disiapkan untuk suntikan vaksi Covid-19 yang kedua ini.
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menjelaskan, vaksinasi Covid-19 dosis kedua bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kebumen. Hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). Selain itu, vaksinasi tahap kedua boleh diikuti masyarakat yang sudah mengikuti vaksin pertama minimal 28 hari.
Petugas vaksinator, kata Piter, melibatkan Dinkes Kebumen, PPNI, Puskesmas Kebumen 1, petugas kesehatan dari Kodim 0709 Kebumen dan Urkes Polres Kebumen. “Gerai vaksin yang dibuka sejak pukul 08.00, banyak diminati masyarakat,” ungkap Piter.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen Budi Satrio menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus mengupayakan masyarakat Kebumen divaksin secara merata. Ditargetkan, program vaksinasi akan selesai pada 2021 mendatang. Saat ini, Kebumen mendapatkan jatah kuota vaksin sebanyak 1.130.000 dosis.
Capaian kumulatif vaksinasi Covid-19 di Kebumen pada Rabu (15/7) mencapai 253.989 dosis. Dengan 168.746 dosis pertama, dan 85.243 untuk dosis kedua. Untuk vaksinasi usi remaja, di Kebumen baru 12 orang yang menerima dosis pertama. Sedangkan belum ada penerima untuk dosis kedua. Sementara lansia, capaian vaksinasi telah mencapai 82.570 dosis. “53.630 dosis pertama, dan penerima dosis kedua mencapai 28.940,” ungkap Budi.
Jika penyerapan vaksin Covid-19 di Kebumen baik, pihaknya akan terus mengupayakan mendapatkan tambahan vaksin. Hal ini dilakukan agar masyarakat Kebumen bisa mendapatkan vaksin Covid-19 secara merata. Dari total 1,3 juta jiwa penduduk Kebumen, Budi tidak menampik jika proses untuk menyelesaikan vaksinasi masih panjang. Namun dia yakin jika vaksinasi akan selesai, mengingat stok vaksin yang tersedia. (eno/din/er)

Lainnya