Berdoa Pandemi Segera Sirna

Berdoa Pandemi Segera Sirna
EDUKASI: Sejumlah siswa memotong daging kurban SD Al-Madina Kompleks Islamic Center IPHI Purworejo Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, kemarin (22/7). (HENRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Berkurban merupakan bentuk keikhlasan persembahan kepada Sang Mahakuasa dan sesama. Momentum berkurban adalah saat tepat untuk berdoa agar pandemi virus korona (Covid-19) segera sirna.

Hal itu diungkapkan Ketua Pendiri Yayasan SD Al-Madina Purworejo Muslikhin Madiani di sela penyembelihan hewan kurban di SD Al-Madina Purworejo yang berada di Islamic Center IPHI Purworejo C.140 Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, kemarin (22/7). Menurutnya, berkurban adalah salah satu cara menyamakan niat beribadah kepada Allah. Ada hubungan vertikal dan horisontal dalam perayaan Idul Adha.

“Hewan kurban ini dari Allah untuk Allah. Syariatnya dari kita untuk semua. Maka berkurban menjadi bentuk keikhlasan persembahan kepada Allah dan untuk sesama. Korelasinya sangat pas dengan pandemi saat ini. Mari bersama kita berdoa dan menjaga, insyaallah pandemi segera berlalu,” paparnya.

Ada satu sapi dan kambing yang dikurbankan di SD Al-Madina Purworejo. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Kepala SD Al-Madina Purworejo Fatkhurohman mengatakan, Idul Adha tahun ini tetap tidak kehilangan makna kendati harus digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19. “Alhamdulillah, tahun ini kami menyembelih satu ekor sapi dan kambing dari wali murid dan asatidz (para pendidik),” ungkapnya.

Dijelaskan, Idul Adha tidak hanya menjadi rutinitas formal ibadah bagi umat muslim. Substansi yang lebih penting adalah belajar membangun rasa berkorban, ikhlas, dan peduli terhadap sesama.

“Semoga ini menjadi sarana edukasi bagi seluruh civitas akademika SD Al-Madina,” jelasnya. (tom/amd)

Lainnya