DIJ Ikuti Hapkido, Sambo, dan E-sport

DIJ Ikuti Hapkido, Sambo, dan E-sport
Rumpis Agus Sudarko

JOGJA, Radar Jogja- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mengirimkan tiga cabang olahraga (cabor) eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Ketiga cabor tersebut yakni hapkido, sambo, dan e-sport.

Wakil ketua Umum II KONI DIJ Rumpis Agus Sudarko mengatakan, soal keberangkatan atlet ke Bumi Cenderawasih pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengurus ketiga cabor tersebut. Di PON nanti, rencananya Hapkido akan bertolak ke Papua pada 23 September dan Sambo sekitar 7 Oktober. “Semua atlet siap dikirim. Sambo ada lima atlet, hapkido delapan atlet,” kata Rumpis, Senin (23/8).

Sementara untuk cabor E-sport masih akan melakukan pertandingan pra eksibisi terlebih dulu pada awal September. Sehingga belum diketahui berapa jumlah atlet yang diberangkatkan. “Jadi belum tahu siapa-siapa saja atletnya karena mereka ada pra eksibisi antarkontingen,” ujar pria 61 tahun itu.

Nantinya biaya pemberangkatan cabor akan ditanggung oleh masing-masing pengurus daerah (Pengda). Sebab, dari KONI DIJ sendiri memang tidak menyediakan anggaran untuk cabor eksibisi. “Kita bertanggungjawab untuk atribut. Atribut pun tidak semua tapi cuma training pack dan kaos saja,” paparnya.

Yang pasti, Rumpis berharap kontingen DIJ mendapat hasil terbaik di PON nanti. Dia juga berpesan kepada ketiga cabor untuk bisa menyukseskan pelaksanaan cabor eksibisi. Karena menurutnya kalau pelaksanaan berjalan baik, bukan tidak mungkin cabor tersebut dapat dipertandingkan di PON berikutnya. “Harapan kami yang sudah jelas ada hapkido bisa menyumbangkan emas di PON yang akan datang. Sedangkan yang lain saya belum tahu seberapa kemampuan kita,” ucapnya.

Adanya sejumlah cabor yang dipertandingkan di dalam eksibisi, setiap daerah bisa melihat kemampuan dan kekuatan atletnya. Yang nantinya dijadikan bahan evaluasi KONI di PON empat tahun mendatang.

Sebagai informasi, berdasarkan SK KONI Pusat terdapat 10 cabor eksibisi PON XX Papua 2021. Selain sambo, hapkido, dan e-sport ada pula kick boxing, kurash, triathlon, kabaddi, ju-jitsu, para motor, dan modern penthatlon. (ard/din/er)

Lainnya