Kades Harus Dorong Warga Tertib Prokes

Kades Harus Dorong Warga Tertib Prokes
Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi bersama pimpinan Paguyuban Polosoro di Kafe Kembang Sepasang, Desa Brenggong, Kabupaten Purworejo, kemarin (1/9).

PURWOREJO, Radar Purworejo Kapolres Fahrurozi meminta pemerintah desa terus mengikuti aturan yang diberlakukan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 pandemi Covid-19 dengan ketat. Kepala desa diminta mengambil peran aktif untuk mendorong warganya tertib mengikuti protokol kesehatan (prokes).

Pernyatan tersebut dilontarkan Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi saat silaturahmi dengan pengurus Paguyuban Kepala dan Perangkat Desa Polosoro Kabupate Purworejo di Kafe Kembang Sepasang Desa Brenggong, Kabupaten Purworejo, kemarin (1/9). Tampak hadir Wakil Kapolres Kompol Asep Supriyanto, Ketum Polosoro Suwarto dan Sekum Polsoro Dwinanto.

Kapolres juga menegaskan pentingnya menjaga agar tidak terjadi kerumuman warga. ”Potensi kerumuman harus diminimalisasi,” jelasnya.

Dalam keempatan itu,  dilakukan pengambilan gambar untuk video konten program Pak Bhabin. Video tersebut menceritakan keluhan warga yang kekurangan hiburan saat pandemi Covid-19. Warga mengadukan hal itu kepada kepala desa dan kemudian dipertemukan dengan Kapolres.

Dwinanto mengungkapkan, pertemuan tersebut dikemas dalam salah satu program baru Kapolres yakni Omah Bhabin. ”Di sini menjadi ruang beliau untuk bertemu dengan elemen masyarakat,” tuturnya.

Diungkapkan,  Paguyuban Polosoro memang mengagendakan melakukan pertemuan untuk menjalin silaturahmi dengan Kapolres. Di mana, desa menjadi salah satu bagian dari program kerja dari Kapolres.

“Kita memang sudah mengajukan permohonan untuk bisa silaturahmi dengan beliau. Beliau menyambut antusias dan memberikan ruang yang khusus pula untuk bisa lebih mengenal antara satu dengan lainnya,” paparnya.

Menurutnya, desa di Kabupaten Purworejo sudah terlihat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya menerapkan isolasi terpusat.

“Desa sebenarnya sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk warga yang positif. Tapi, sesuai kebijakan sekarang, isolasi itu dilakukan terpusat di tingkat kecamatan atau kabupaten. Di sini Kapolres memberikan apresiasi untuk dukungan dari Polosoro tersebut,” imbuh Dwinanto. (udi/amd/er)

Lainnya